Yang perlu Anda tahu tentang Kombinasi Makanan Tepat

By Categories : Berita

Selain berolah raga, pola makan juga menjadi faktor utama kesehatan tubuh kita. Maka dengan mengetahui kombinasi bahan makanan yang baik diharapkan dapat membantu kita dalam menjaga kebugaran tubuh. Dan jika kita tidak mengetahui tentang pola makan dan bahan makanan yang baik tentu akan berakibat kurang baik juga bagi tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber tentang kombinasi makaan yang merupakan kombinasi serasi dan tak serasi pada jenis makanan, yang telah disesuaikan dengan siklus kerja tubuh kita. Karena jika kita mengkonsumsi jenis makanan yang tidak tepat kombinasinya akan berakibat pada sistem pencernaan kita.

Seorang ahli terapis nutrisi telah menyimpulkan beberapa kombinasi makanan yang tepat saji:

Kombinasi Serasi, diantaranya:

1. Protein dan lemak, kombinasi yang satu ini adalah kombinasi natural pada setiap makanan yang memiliki unsur dominan protein. Unsur lemak bermanfaat untuk memperlambat laju pencernaan agar supaya protein dapat lebih banyak waktu dicerna lambung. Contoh serasi: daging, ayam, atau ikan bakar, rebus, atau dikukus.

2. Pati dan lemak, secara alamiah pati telah mengandung protein dan lemak, karena itu tidak perlu memakai lemak berlebih pada makanan dengan tinggi pati. Contoh serasi: roti ditambah sedikit mentega, kentang tumbuk ditambah sedikit krim, kentang goreng (dengan minyak baru, bukan bekas).

3. Lemak dan asam, kombinasi yang ini juga serasi jika menggunakan kadar lemak rendah. Asam berfungsi untuk melarutkan lemak, serta enzim berguna untuk mencerna lemak membutuhkan pH asam (rendah). Contoh serasi: minyak saus selada (oil dressing) dengan sedikit air jeruk nipis, kacang-kacangan ditambah dengan buah rasa asam.

4. Gula dan asam, kombinasi ini telah menjadi kombinasi alami buah-buahan, sehingga hampir semua makanan manis bisa dianggap serasi dengan makanan rasa asam. Contoh serasi: yoghurt murni dengan madu, yoghurt murni ditambah buah, buah asam dengan buah manis.

loading...