Wisata Pulau Lombok yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

By Categories : Wisata

Pulau Lombok merupakan salah satu pulau eksotis di Indonesia yang banyak dijadikan destinasi kunjungan para wisatawan. Pulau Lombok sendiri terletak di sebelah timur pulau Bali tepatnya di Nusa Tenggara Barat yang juga memiliki berbagai pesona alam pantai yang eksotis. Bagi Anda yang akan berkunjung di Pulau Lombok, berikut terdapat beberapa wisata Pulau Lombok yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Pulau Lombok

Wisata Pulau Lombok yang Menarik

Pantai Kuta Lombok

Tidak hanya di Bali, pantai Kuta juga ada di Lombok. Pantai Kuta Lombok terletak di sekitar 56 km dari pusat Kota Mataram, Lombok. Pantai ini memiliki keindahan pantai tidak kalah dengan pantai Kuta yang berada di Bali. Hamparan pasir yang halus ditambah dengan air yang jernih menjadi salah satu andalan Pantai Kuta Lombok. Selain itu pantai ini juga menjadi salah satu destinasi para peselancar, karena ombaknya dikenal sebagai salah satu terbaik di dunia.

Gunung Rinjani

Wisata pulau Lombok yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian mencapai 3.700 meter di atas permukaan laut. Berkat keindahan alam di sekitar Gunung Rinjani, tak heran jika banyak orang yang berdatangan untuk melihat keindahan alamnya termasuk para wisatawan asing. Yang uniknya lagi adalah terdapat danau Segara Anak yang indah, dan merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia.

Desert Point (Bangko-Bangko)

Berikutnya adalah Desert Point atau Bangko-Bangko. Tempat wisata ini sangat cocok sekali bagi para peselancar dunia yang ingin mencoba tantangan ombak yang berbeda dari pantai lainnya. Pantai yang satu ini telah dikenal dengan ombak yang menantang, oleh karena itu Desert Point dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak paling ganas di dunia dalam versi Asosiasi Peselancar Internasional. Di tempat ini tersedia penginapan, jadi Anda tinggal pilih penginapan sesuai selera Anda.

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Tempat berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Tiga Gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, serta Gili Air. Di antara ketiganya yang paling terkenal dengan jumlah pengunjung lokal maupun dari mancanegara paling banyak adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan memiliki pesona pulau yang indah dengan laut pantai yang jernih. Di Gili Trawangan para pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti menyelam, snorkeling, yoga, serta berselancar.

Pantai Sire

Pantai Sire terletak sekitar 35 km dari kota Mataram. Pantai Sire tidak kalah indahnya dengan beberapa wisata di atas. Pantai ini wajib dikunjungi ketika berlibur di pulau Lombok. Di pantai ini menawarkan berbagai kegiatan seperi di Gili Trawangan di antaranya aktivitas berenang, snorkeling, bermain kano, serta aktivitas memancing. Selain itu yang menjadi kelebihan Pantai Sire ini adalah ketika cuaca cerah para pengunjung dapat melihat keindahan gunung Rinjani dari pinggir pantai.

Hutan Monyet Pusuk

Hutan ini merupakan bagian dari kawasan Gunung Rinjani, Lombok. Hutan Monyet Pusuk berada di puncak Gunung Rinjani dan tempat tersebut merupakan habitat asli dari monyet pusuk. Saat perjalanan menuju ke hutan ini pengunjung perlu berhati-hati karena monyet-monyet yang ada di sekitar tempat tersebut sering bermain di tengah jalan. Hutan Monyet Pusuk ini biasanya menjadi tempat peristirahatan para wisatawan yang akan menuju ke ke air terjun Sendang Gile. Jika Anda terlihat membawa makanan maka monyet-monyet tersebut akan berusaha mengambilnya dari Anda. Sehingga Anda perlu waspada, sebaiknya Anda tidak melawan.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan salah satu wisata Pulau Lombok paling sering dikunjungi, terutama bagi mereka para pecinta alam. Danau ini berada di kawah Gunung Rinjani. Hingga saat ini, Danau Segara Anak masih dipercaya sebagai bagian dari laut yang terpecah hingga ke atas sebuah pulau. Ini dikarenakan warna air di Danau Segara berwarna biru dan sangat mirip dengan air laut. Para wisatawan dapat mengambil paket mendaki Gunung Rinjani karena dalam perjalanan Anda akan dibawa ke Danau ini untuk bermalam. Selain bermalam, Anda juga dapat melakukan aktivitas memancing. Untuk menuju ke tempat ini Anda harus berjalan kaki sekitar 9 jam dari tempat terakhir kendaran terparkir.

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini berlokasi di Lombok bagian utara atau sekitar 60 km dari pusat kota Mataram. Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru dan merupakan pintu masuk pendakian Gunung Rinjani. Air yang mengalir di tempat ini dipercaya warga setempat ampu membuat awet muda jika Anda gunakan untuk mandi atau untuk membasuh muka. Untuk menikmati air tersebut Anda dapat menaiki 200 anak tangga terlebih dahulu.

Nah itulah tadi beberapa wisata pulau Lombok yang menarik dan wajib dikunjungi. Selain kelima tempat wisata di atas, tentunya masih banyak tempat wisata lain yang sudah menunggu untuk dikunjungi.

terms: wisata lombok