Wisata Kuliner Malam Jogja Paling Lengkap

By Categories : Wisata

Kuliner malam Jogja memang sangat beragam, mulai dari jajanan kali lima hingga rumah makan yang buka hampir 24 jam. Banyaknya tempat wisata di Jogja dan kentalnya budaya Jawa menjadi salah satu alasan wisatawan berkunjung ke Jogja. Jogja juga disebut sebagai kota pelajar karena terdapat banyak sekali kampus dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang menuntut ilmu di kota ini. Sehingga tidak heran jika Jogja selalu ramai dan tidak pernah sepi.

Banyak orang yang berkunjung ke Jogja untuk menikmati wisata budaya dan wisata kuliner khas Jogja. Banyak yang menganggap jika wisata kuliner Jogja murah meriah dibandingkan kota-kota besar lain di Indonesia. Pilihan makanan yang ditawarkan juga sangat beragam. Mulai dari makanan khas, jajanan, serta oleh-oleh yang menarik untuk dibawa ke rumah.

kuliner malam jogja

Bagi Anda yang gemar menghabiskan waktu malam, maka kuliner malam Jogja dapat menjadi aktivitas Anda yang menyenangkan. Ketika malam hari, Jogja selalu ramai oleh pedagang makanan yang buka hingga pagi hari. Tempat makan yang ditawarkan juga beragam, mulai lesehan pinggir jalan hingga rumah makan dengan konsep yang menarik. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Kuliner Malam Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana malam Jogja tidak lengkap jika tidak sambil menikmati kuliner tengah malam Jogja. Bahkan banyak tempat makan yang justru mulai buka di atas jam 10 malam. Berikut beberapa tempat makan yang bisa Anda kunjungi.

Angkringan Lek Man

Tempat makan ini berada di Jalan Wongsodirjan atau dekat dengan Stasiun Tugu. Angkringan Lek Man sangat cocok untuk menikmati suasana malam Jogja Sambil ngobrol santai dan menikmati kuliner. Hampir setiap malam angkringan ini tidak pernah sepi pengunjung, mulai dari mahasiswa, wisatawan, pegawai kantoran, tukang becak dan lain-lain berkumpul di tempat ini.

Untuk menu yang disajikan angkringan Lek Man adalah aneka nasi kucing, aneka gorengan, aneka sate, serta berbagai macam minuman. Namun menu yang paling terkenal di angkringan ini adalah Kopi Joss. Kopi Joss merupakan kopi yang disajikan menggunakan arang panas. Harga makanan di sini cukup bersahabat, yakni mulai dari 1.000 rupiah.

Gudeg Pawongudeg pawon1

Kuliner malam Jogja selanjutnya adalah Gudeg Pawon. Tempat makan ini berada di alan Janturan, Warungboto, Umbulharjo. Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang sangat populer. Untuk menikmati makanan khas ini Anda dapat mengunjungi warung Gudeg Pawon di malam hari. Warung makan ini buka mulai pukul 22.30 hingga pagi hari.

Meskipun rasanya tidak jauh berbeda dengan gudeg pada umumnya tetapi jika Anda berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Sesuai dengan namanya, pawon dalam bahasa Indonesia berarti dapur. Di sini Anda akan mencicipi gudeng dengan nuansa dapur tradisional yang menggunakan kayu bakar untuk memasaknya, dan lincak sebagai tempat makan. Untuk harga setiap porsinya cukup murah, yakni 20.000 rupiah.

Warung Soto Sampah

Warung soto yang berada di Jalan Kranggan ini memang terdengar menjijikan. Namaun soal rasa, Warung Soto Sampah jauh dari kesan menjijikan. Soto yang dijual dengan tenda kecil ini dinamakan soto sampah karena di sini Anda dapat memesan soto dengan campuran berbagai lauk, mulai dari gorengan hingga oseng-oseng. Anda dapat memilih menu yang ada, mau soto biasa atau soto pedas.

Selain itu, warung makan ini juga menyediakan remah-remah gorengan yang dapat Anda ambil sesuka hati. Soto dengan kuah panas dan remah gorengan yang gurih membuat kuliner malam Jogja ini selalu ramai pengunjung. Dengan harga 4.500 Anda dapat menikmati satu porsi soto yang lezat.

House of Raminten

House of Raminten merupakan salah satu tempat nongkrong di Jogja paling favorit di malam hari. House of Raminten berada di Jalan FM. Noto 7, Kotabaru. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi oleh anak muda Jogja. Berbagai menu makanan unik dapat Anda nikmati di sini. Yang menarik adalah House of Raminten merupakan sebuah restoran semi cafe dengan konsep angkringan.

Konsep ini terlihat dari desain interior yang menyajikan Budaya khas Jawa, mulai dari lesehan di lantai kayu, aroma duba, hingga pelayan dengan seragam yang unik. Untuk pelayan laki-laki menggunakan giwang dan bawahan batik, sedangkan pelayan perempuan menggunakan kemben batik.

Nasi Campur Demangan

Jika Anda tidak ingin menikmati makanan lain selain gudeg, maka Anda dapat mengunjungi Nasi Campur Demangan. Warung dengan tenda kecil yang berada di dekat pasar Demangan ini buka mulai pukul 20.00. Saat Anda memasuki tenda tersebut maka Anda akan disuguhi aneka macam lauk yang berderet di meja. Seperti ayam goreng, tempe, tehu, telur ceplok, ikan, dan sebagainya.

Yang menjadi ciri khas dari makanan di sini adalah rasanya yang pedas. Anda dapat memilih nasi campur dengan lauk yang Anda inginkan. Harga untuk setiap lauk cukup terjangkau. Untuk nasi campur dan segelas teh hangat Anda dihargai 7.500 rupiah.

baca juga : menikmati malam di Taman Lampion Jogja

Itulah beberapa kuliner malam Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Loading...
terms: kuliner malam, kuliner malam jogja