Waspada Gejala Penyakit Diabetes

By Categories : Kesehatan

Penyakit diabetes atau disebut juga dengan penyakit gula merupakan penyakit yang sering mengincar orang yang berusia lanjut. Selain faktor umur, penyakit diabetes juga mengancam bagi mereka yang tidak memperhatikan pola makan. Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit lainnya seperti penyakit stroke, ginjal, jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Penyebab diabetes biasanya karena pola hidup tidak sehat, salah satunya berasal dari makanan. Makanan yang harus dihindari penyakit diabetes misalnya makanan yang berkolesterol tinggi.

Kadar glukosa yang berlebihan menjadi pemicu penyakit ini. Dengan begitu muncul beberapa gejala yang perlu diketahui apakah itu gejala dari penyakit diabetes atau tidak. Untuk sekedar memberikan informasi bagi Anda, berikut ini adalah beberapa gejala penyakit diabetes yang perlu diketahui terutama untuk mereka yang sudah berusia lanjut atau mereka yang memiliki riwayat penyakit tersebut agar perlu berhati-hati lagi.

Waspada Gejala Penyakit Diabetes

Berikut Gejala Penyakit Diabetes

Buang Air Kecil Terlalu Sering

Kebanyakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit diabetes adalah terlalu sering buang air kecil. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami buang air kecil tidak terkontrol sebaiknya untuk segera memeriksakan ke dokter dan jangan ragu untuk meminta tes gula, apakah gula Anda terkontrol dengan baik atau justru berlebih. Gejala ini lebih sering terjadi bagi mereka yang sudah bukan berada di usia produktif lagi.

Berat Badan Berkurang secara Berlebih

Gejala penyakit diabetes berikutnya adalah berat badan yang berkurang secara drastis. Untuk poin yang satu ini perlu Anda waspadai terutama untuk orang yang sudah berusia lanjut. Jika berat badan tiba-tiba turun secara tidak wajar, maka bisa kemungkinan adalah gejala dari penyakit diabetes. Terjadinya penurunan berat badan menyebabkan tubuh kurang mampu menyerap glukosa yang merupakan sumber tenaga pada tubuh.

Rasa Lapar yang Berlebihan

Rasa lapar yang berlebihan bisa menjadi tanda berikutnya untuk penyakit diabetes. Untuk gejala penyakit diabetes yang sering terjadi biasanya orang tersebut ingin terus makan. Rasa lapar tersebut cenderung tidak dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini dikarenakan makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh tidak dapat masuk ke dalam sel dengan baik sehingga akan mengganggu proses metabolisme tubuh menjadi kurang lancar.

Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

Wajarnya ketika tubuh mengalami luka akan segera sembuh dalam beberapa waktu. Hal ini dikarenakan kinerja dari sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun apa yang terjadi bila luka pada tubuh tidak segera sembuh? Hal inilah yang bisa menjadi gejala penyakit diabetes. Untuk itu bila menemui luka pada tubuh misal goresan, tidak cepat kering sebaiknya segera mengecek gula darah dalam tubuh apakah normal atau berlebih.

Mati Rasa

Gejala yang satu ini juga sering dialami bagi para penderita diabetes. Bagian tubuh yang bisa merasakan mati rasa atau kesemutan ini pada umumnya seperti kaki, tangan, atau juga pada bagian jari-jari. Ini dikarenakan peningkatan kadar gula dalam darah yang membuat bagian serabut saraf dalam tubuh mengalami gangguan yang mengakibatkan kerusakan.

Nah itulah tadi beberapa informasi mengenai gejala penyakit diabetes yang perlu diperhatikan, mengingat penyakit ini cukup berbahaya, maka mulailah untuk menjaga pola hidup sehat.

Baca juga artikel penting lainnya Makanan untuk penderita asam lambung.

Loading...