Vitamin Untuk Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Kehamilan merupakan suatu hal yang paling diharapkan dan diidamkan bagi pasangan yang sudah menikah. Hal ini dikarenakan dengan adanya buah hati keluarga menjadi semakin lengkap dan juga semakin  hidup. Maka dari itu, ibu hamil sangat membutuhkan beberapa asupan vitamin yang dapat menunjang kesehatan baik ibu dan juga calon bayi.

Nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil adalah air, mineral, karbohidrat, lemak, protein dan juga vitamin. Mengingat tubuh tidak dapat memproduksi nutrisi tersebut, oleh karena itu ibu hamil harus memperhatikan apa saja yang ia konsumsi. Selain mengonsumsi buah-buahan yang baik dikonsumsi saat hamil, Anda juga harus mengonsumi asupan vitamin berikut ini! Simak penjelasan vitamin untuk ibu hamil di bawah ini!

Vitamin Untuk Ibu Hamil

Vitamin yang baik untuk ibu hamil

Zat besi

Zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia pada saat hamil. Hal ini dikarenakan zat besi berguna untuk memproduksi hemoglobin (Hb) dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui Hb merupakan protein dalam eritrosit (sel darah merah) yang membawa oksigen  ke seluruh tubuh. Jika ibu hamil kurang akan asupan zat besi ini akan membuat ibu hamil tersebut lebih rentan terhadap infeksi. Tak hanya itu, sedangkan bagi janin yang kekurangan zat besi ini akan meningkatkan resiko kelahiran prematur dan berat badan yang tidak normal atau rendah. Anda dapat menemukan sumber zat besi dari ikan, seral, daging, kacang-kacangan dan juga unggas.

Asam folat

Tahukah Anda apa manfaat dari asam folat? Asam folat bermanfaat untuk mencegah cacat saat bayi lahir. Jika asupan asam folat atau vitamin B kurang dalam setiap harinya ini akan meningkatkan resiko kelahiran premature dan juga resiko berat badan lahir rendah. Dalam sehari seorang ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan asam folat sebesar 800 mikrogram sehari. Anda dapat menemukan sumber asam folat dari makanan berikut ini seperti, kacang polong, sayuran hijau, jeruk dan juga kacang kering.

Vitamin D

Vitamin untuk ibu hamil selanjutnya adalah vitamin D. Vitamin yang Anda konsumsi sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes dan juga tekanan darah tinggi. Sedangkan untuk janin, vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan dan pernapasan pada bayi. Tak hanya itu, vitamin D juga sangat baik untuk menunjang kekuatan tulang dan juga gigi bayi Anda. Dalam sehari ibu hamil membutuhkan 600 IU vitamin D. Untuk mendapatkan asupan nutrisi dari vitamin tersebut, Anda dapat mengonumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti, susu, ikan salmon, tuna, lemak ikan dan juga sinar matahati di pagi hari.

Protein

Selain ke-empat vitamin tersebut, ibu hamil juga membutuhkan protein. protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Mulailah untuk mengonsumsi kebutuhan protein yaitu 71 gram sehari. Sember protein terbaik yang dapat Anda konsumsi adalah ikan, telur, daging tanpa lemak, kacang polong, susu  dan juga unggas.

Demikianlah ulasan dari vitamin untuk ibu hamil. Namun jika Anda masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.