Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Muncul

By Categories : Teknologi

Virus komputer menjadi salah satu program paling berbahaya bagi seluruh pengguna komputer di dunia. Virus komputer merupakan salah satu program buatan manusia yang berguna yang dapat menginfeksi sebuah komputer. Terdapat berbagai dampak negatif ketika komputer sudah terinfeksi oleh virus ataupun sejenisnya seperti komputer menjadi lambat, kehilangan file, file tak bisa dibuka, sering restart sendiri, dan banyak lagi.

Nimda

Oleh sebab itu perlu adanya tindakan yang dilakukan oleh pengguna komputer untuk mencegah virus masuk ke dalamnya yakni dengan menggunakan antivirus. Antivirus mampu mencegah infeksi virus masuk ke dalam perangkat yang kita gunakan seperti komputer ataupun laptop. Lalu apa saja virus komputer paling berbahaya di dunia yang pernah ada atau pernah muncul? Berikut beberapa virus paling berbahaya yang dirangkum dari berbagai sumber di internet.

Berikut Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Nimda

Nimda merupakan salah satu virus komputer paling berbahaya yang muncul pada pertengahan September 2001 lalu. Jenis virus ini menyebar melalui media internet seperti web, file sharing, maupun email. Jenis worm ini sangat cepat dalam menginfeksi serta dapat melumpuhkan ribuan komputer di berbagai penjuru dunia. Untuk saat ini virus ini masih menyebar, tetapi dengan laju lebih lambat.

Storm Worm

Virus komputer paling berbahaya berikutnya adalah Storm Worm. Virus ini sejenis trojan yang sangat mematikan dan merusak. Storm Worm pertama muncu pada tahun 2006 lalu melalui email dengan sebuah link di dalamnya. Sampai saat ini masih banyak pengguna komputer yang menerima sebuah link melalui email, jika di klik link tersebut maka virus segera menginfeksi komputer tersebut serta memungkinkan bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Code Red

Berikutnya adalah Storm Worm yang muncul pada tahun 2001 lalu. Worm ini juga bersifat merusak server jaringan. Virus Code Red ini dapat membuat proses buffering menjadi lebih lama pada komputer, sehingga akan membuat memori terkuras. Code Red dapat menyebar melalui koneksi internet dengan jebakan membuka email ataupun meng-klik sebuah link. Code Red pernah membuat kerugian sebesar 2,6 miliar dollar dan membuat sekitar 400.000 server down.

Conficker

Virus paling berbahaya yang keempat adalah Conficker. Conficker juga masuk ke dalam kategori virus paling berbahaya di dunia. Conficker dapat menyebar melalui sistem operasi Windows yang paling banyak menyerang Windows XP. Sebuah laman The Guardian telah memprediksi bahwa virus Conficker sudah menginfeksi 3,5 jut PC pada tahun 2009 lalu. Angka tersebut masih bertambah sampai 9 juta PC di kemudian hari.

ILOVEYOU

ILOVEYOU merupakan salah satu malware yang juga memiliki tingkat berbahaya sangat tinggi dengan tingkat kesulitan dibasmi. Virus ini dapat mereplikasikan dirinya sendiri yang membuat sulit untuk dibasmi. ILOVEYOU muncul pertama kali pada 4 Mei 2000 melalui sistem komputer di Filipina. Metode penyebaran virus ini adalah memanfaatkan publik yang penasaran dengan cara mengirimkan sebuah email dengan subjek “ILOVEYOU”. Virus ini dikenal juga dengan virus Love Letter.

Demikianlah beberapa virus komputer paling berbahaya yang pernah muncul di dunia. Masih banyak virus berbahaya lainnya yang juga pernah ada di dunia dengan menimbulkan banyak kerugian.

Baca juga artikel tentang Antivirus paling bagus untuk laptop.