Untuk Amal, Pria Bule Ini Kayuh Becak dari Aceh ke Jakarta

By Categories : Berita

Pria asal Skotlandia, Scott Thompson ini telah menemukan ide gila untuk mengayuh becaknya dari Aceh ke Jakarta untuk beramal. Scott sendiri sudah lama tinggal di Indonesia dan membangun karir di Indonesia. Ia pun sangat menginspirasi setiap orang lewat program-program amal yang dibuatnya yang dikemas secara apik dalam kegiatan-kegiatan olahraga.

Pria Bule Ini Kayuh Becak

Kali ini ia akan menggalang dana bagi 4 Yayasan yang ada di Indonesia. Aksi becak yang dilakukan pun dinamakan aksi BecakTerus, yaitu aksi mengayuh becak untuk amal. Perjalanannya akan dimulai dari Banda Aceh menuju ke Jakarta dengan estimasi tiba pada 22 hari yang akan datang.

Scott memberi nama becaknya yaitu The Fliying Merah Putih. Sebelum acara ini alat transportasi tradisional tersebut hanyalah sebuah becak  tua yang dibelinya di wilayah Tangerang pada 2013 yang lalu. Scott percaya dengan adanya sedikit modifikasi dan dukungan, sebuah becak dapat menempuh jarak yang sangat jauh yaitu dari aceh menuju ke Jakarta.

BecakTerus yang dimulai di Museum Tsunami Aceh pada Minggu, 27 September yang lalu dihadiri oleh Reza Pahlevi selaku Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Aceh, Muhammad Farhan – Sekretaris Jendral YCAB Foundation/Project Director BecakTerus dan juga Tomi Mulya Hasan selaku General Manager Museum Tsunami Aceh.

Selain itu, untuk memberikan dukungan kepada Scott perwakilan dari anak-anak Rumah Belajar YCAB Foundation kota Pidie juga hadir dan mereka pun menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka”.

Pria bule ini direncanakan akan tiba di Breeze, BSD pada Minggu, 18 Oktober 2015. Diperjalanan, Scott akan melintasi berbagai daerah di 8 Provinsi. Selain itu, ia pun ia akan dapat melihat berbagai macam keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Aksi Scott tersebut bisa diikuti secara online lewat media sosial dengan tagar #BecakTerus. Scott juga berharap bisa mendapatkan dukungan dari semua masyarakat untuk menyebarkan misi  ini melalui twitter @Berlariterus. Dan bagi masyarakat yang ingin mendukung aksi Scott melalui donasi, Anda bisa mendonasikan dana lewat Kitabisa.com, yaitu sebuah platform crownfunding online.

BecakTerus sendiri merupakan aksi Scott yang ketiga. Pada tahun 2010 ia berlari di Gurun Sahara untuk membantu anak-anak yang menderita kanker dan pada tahun 2012 ia berlari dari Bali ke Jakarta sejauh 1.250 km. Berkat aksi tersebut Scott berhasil mengumpulkan dana yang besar untuk membangun 4 Rumah Belajar YCAB Fondation di Bali, Situbondo, Banyuwangi dan Marunda serta digunakan untuk membantu anak-anak penderita kanker.

Dengan menempuh jarak 2.612 km dalam tiga minggu dan dengan kecepatan 150 km per hari, Scott juga berusaha memecahkan rekor dunia dari Guinness World Record untuk kategori Longest Journey by Rickshaw.

Loading...