Umpan Jitu untuk Ikan Patin

By Categories : Tips

Memancing menjadi salah satu hobi yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melatih kesabaran. Memancing memiliki berbagai dasar teknik yang harus diperhatikan agar kail ditarik oleh ikan. Selain teknil, umpan jitu juga diperlukan untuk menarik perhatian sang ikan. Salah satu ikan yang masih menjadi primadona kebanyakan orang adalah ikan patin.

Umpan Jitu untuk Ikan Patin

Sentakan dari ikan pati membuat para pemancing menyukai jenis ikan ini. Ikan patin merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Namun sayangnya banyak pula para pemancing yang kurang mengetahui apa saja jenis umpan yang cocok untuk ikan patin. Nah untuk Anda yang ingin mengetahui umpan jitu untuk ikan patin, silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Umpan Jitu untuk Ikan Patin

Umpan Jitu yang Pertama

Umpan jitu pertama untuk ikan patin adalah dengan menggunakan campuran roti tawar, telur bebek yang sudah diambil kuningnya saja, dan juga pellet. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni hanya mencampurkan semua bahan tersebut menjadi satu. Selain adonan tersebut, Anda juga bisa menggunakan sedikit terasi untuk menambah aroma menjadi tajam.

Umpan Jitu yang Kedua

Resep umpan jitu untuk ikan patin yang kedua adalah dengan menggunakan ikan mas yang telah dikukus. Sebelum dikukus, sebaiknya ikan mas terlebih dahulu dibersihkan jeroan dan kulitnya. Untuk kulitnya dapat dipasang pada kali pertama, sedangkan untuk daging ikan mas yang telah dibersihkan dapat digunakan untuk mata kail lainnya. Keduanya dapat dikombinasikan dengan pellet sebagai daya tarik tambahan.

Umpan Jitu yang Ketiga

Selain resep di atas, Anda juga bisa menggunakan umpan lain yang berasal dari tepung roti dan santan. Untuk umpan jitu ini Anda dapat menggunakan santan instan, sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkannya. Santan ini sudah tersedia di pasaran dengan berbagai merk. Cara penggunaan mudah dengan hanya mencampurkan tepung roti dengan menggunakan santan. Setelah itu bentuk menjadi bulat-bulat dan barulah pasang pada mata kail.

Umpan Jitu yang Keempat

Untuk umpan jitu yang keempat Anda dapat menggunakan campuran telur bebek, tepung aci, susu bubuk, kroto dan buah kinoy yang biasa dijual di toko pakan. Untuk pembuatannya langkah pertama adalah dengan mencampurkan tepung aci dengan susu bubuk, setelah menjadi satu tambahkan sedikit air sampai mengental. Setelah mengental, barulah menambahkan kroto dan kuning telur. Setelah bahan tercampur biarkan selama kira-kira 30 menit. Untuk penggunaan campurkan adonan dan buah kinoy ketika akan memancing.

Umpan Jitu yang Kelima

Bagi Anda yang tak mau bersusah payah untuk membuat umpan jitu memancing ikan patin, Anda bisa menggunakan roti keju yang telah dipotong-potong. Cara ini menjadi cara paling sederhana, karena umpan hanya menggunakan potongan roti keju saja. Roti keju dapat dibeli di toko roti atau warung terdekat.

Nah itulah tadi beberapa umpan jitu untuk ikan patin yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Umpan jitu ikan mujair.