Umpan Jitu Ikan Mas

By Categories : Tips

Ikan mas menjadi salah satu ikan air tawar yang sangat populer bagi kebanyakan pemancing di Indonesia. Tak kalah dengan ikan gurame atau ikan patin, ikan mas memiliki rasa yang gurih dan lezat ketika disantap. Oleh karena itu tak heran jika banyak pemancing yang membuat umpan jitu ikan mas agar umpan mereka di sambar oleh ikan yang hidup di air tawar tersebut.

Untuk memancing ikan mas, pemancing perlu mengetahui teknik memancing. Teknik untuk memancing berbeda antara tempat di air tawar ataupun di laut. Selain teknik, pemancing juga perlu mengetahui jenis umpan yang digunakan untuk memancing. Guna memancing di air tawar dan ingin mendapatkan ikan mas, terdapat beberapa resep umpan jitu ikan yang bisa digunakan.Umpan Jitu Ikan Mas

Umpan tersebut sangat mudah untuk didapatkan dengan hasil yang cukup maksimal bagi para pemancing. Umpan dengan bahan alami menjadi pilihan terbaik yang perlu diperhatikan oleh pemancing. Hal ini dikarenakan ketika ikan mas dikonsumsi aman dan tidak muncul kekhawatiran akan bahan kimia di dalam ikan mas akibat umpan yang digunakan. Penasaran apa saja resep umpan jitu ikan mas dengan menggunakan bahan aman? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Umpan Jitu Ikan Mas

Umpan Jitu yang Pertama

  • Bahan yang Diperlukan : Jagung muda, ikan sarden, 2 ons belut, ½ kg ubi jalar, 1 ons pellet udang, kroto, dan telur bebek.
  • Cara Menggunakan : Untuk resep umpan jitu ikan mas yang pertama menggunakan jagung muda, belut dan ubi jalar yang dikukus sampai dengan matang. Kemudian jagung muda diserut dan dicampurkan dengan ubi jalar. Setelah jagung muda campurkan dengan ubu jalar, ambil daging belut yang sudah matang dan campurkan dengan kedua bahan tersebut. Setelah itu masukkan butir telur bebek dikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut. Langkah berikutnya adalah tambahkan ikan sarden ke dalam adonan yang disertai dengan pellet udang. Untuk langkah terakhirnya buat adonan menjadi bulat bulat yang kemudian gelindingkan pada wadah yang berisi kroto.

Umpan Jitu yang Kedua

  • Bahan : Dengan menggunakan daging ikan belut, daun pepaya, dan daun sereh.
  • Cara Menggunakan : Untuk cara ini sangat cocok untuk Anda yang tak ingin terlalu repot dalam menggunakan umpan untuk memancing ikan mas. Meski umpan ini tak sebaik di atas, namun cukup efektif pula digunakan untuk memancing ikan mas. Masukan daging ikan belut ke dalam plastik terlebih dahulu. Masukkan daging belut yang terbungkus plastik bersamaan daun sereh, dan daun pandan ke dalam panci dan kukus sampai masak. Setelah masak, umpan siap digunakan dengan dibentuk bulat-bulat yang kemudian dipasang pada kail.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa umpan jitu ikan mas yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif bahan untuk memancing. Untuk umpan lainnya bisa menggunakan ikan tengiri, ikan pindang, ataupun ikan mujahir yang dipotong kecil-kecil. Baca juga artikel mengenai Jenis umpan ikan lele paling jitu.