Umpan Ikan Bawal yang Paling Jitu

By Categories : Tips

Umpan ikan bawal paling jitu masih banyak dicari bagi mereka para pemula yang hobi memancing. Ikan bawal merupakan salah satu ikan agresif yang bergerak secara lincah. Memancing ikan bawal menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi mereka yang hobi memancing. Ikan bawal mirip dengan ikan piranha terutama pada bagian moncongnya. Ikan yang memiliki nama ilmiah Collossoma Macropomum ini hidup di perairan air tawar dan masih menjadi kerabat ikan piranha.

Umpan Ikan Bawal

Meskipun begitu ikan bawal masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemancing berkat rasa daging ikan yang gurih. Ikan bawal merupakan ikan asli dari Indonesia yang sangat populer keberadaannya. Untuk memancing jenis ikan ini cukup mudah, mengingat ikan bawal hampir menyukai segala umpan yang biasa digunakan oleh para pemancing.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui jenis umpan jitu apa saja yang bisa digunakan untuk memancing ikan bawal terlebih lagi bagi para pemula yang hobi memancing. Nah untuk mengetahui apa saja umpan ikan bawal paling jitu? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Umpan Ikan Bawal Paling Jitu

Umpan Ikan Bawal I

Untuk umpan ikan bawal paling jitu yang pertama dengan menggunakan telur bebek 1 butir, tepung ikan 2 sendok makan, tepung terigu 2 sendok makan, tepung udang 2 sendok makan, dan air secukupnya. Setelah bahan lengkap, yang pertama adalah kocok telur terlebih dahulu, setelah itu masukkan secara bertahap tepung terigu, tepung ikan, dan tepung udang. Aduk sampai dengan merata dengan menambahkan air secukupnya. Setelah itu kukus adonan selama 30 menit dan bentuklah umpan tersebut bulat-bulat dan siap digunakan memancing ikan bawal.

Umpan Ikan Bawal II

Menyiapkan bahan ¼ pellet ikan patin, ¼ pellet ikan koi, ¼ pellet udang, madu secukupnya, serta 2 butir kuning telur yang telah direbus. Untuk cara membuatnya langkah yang pertama adalah dengan merendam semua jenis pellet tersebut dengan air kurang lebih 1,5 gelas selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu tambahkan secara bertahap 2 butir kuning telur dan madu secukupnya, aduk sampai dengan lengket. Langkah yang terakhir dengan membentuk adonan bulat-bulat dan umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal III

Untuk umpan bawal paling jitu yang ketiga dapat menggunakan bahan alami lainnya. Bagi Anda yang tak mau repot masalah umpan yang digunakan, Anda dapat meggunakan beberapa umpan alami lainnya. Umpan alami tersebut seperti cacing tanah, kepiting sawah, jangkrik, ikan guppy, daging ikan salmon, belalang, keong sawah, ulat daun pisang, ikan mas kecil, buah-buahan, dan sayuran. Menurut kalangan pemancing, ikan bawal akan menyantap sayur dan buah-buahan pada saat pagi dan petang. Sehingga bagi Anda yang menggunakan umpan jenis tersebut dapat memancing di pagi hari atau sore menjelang petang untuk efektifnya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai umpan ikan bawal paling jitu yang dapat Anda coba gunakan. Baca juga artikel mengenai Umpan jitu ikan patin.

terms: umpan alami ikan bawal