Trik Menata Kamar Mandi Kecil Agar Terlihat Luas dan Lebar

By Categories : Tips

Kamar mandi kecil tak hanya terlihat kurang menarik, namun hal ini juga dapat membuat pemiliknya tak nyaman ketika memasuki ruangan ini. Jika kemarin sudah membahas mengenai tips menata rumah kecil agar terlihat lebih besar, kali ini akan membahas tentang trik yang tepat dalam menata kamar mandi mungil agar terlihat lebih luas dan lebar.

Selain ruang tamu ataupun kamar tidur, kamar mandi juga merupakan salah satu ruangan yang harus diberi perhatian ekstra. Tidak seperti kamar tidur yang setiap hari ditempati, umumnya kamar mandi hanya digunakan pada saat tertentu saja. Namun meskipun begitu, sangat penting sekali melakukan penataan yang tepat pada ruangan ini.

Sebab jika penataan kamar mandi mungil tidak diperhatikan, maka hal ini bisa membuat kamar mandi terlihat semakin kecil, mungil dan tidak rapi. Umumnya ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memberi ilusi lebar pada kamar mandi. Apa saja tips tersebut? simak ulasannya berikut ini.Kamar mandi kecil

Tips yang Tepat Menata Kamar Mandi Kecil Agar Terlihat Besar

Perhatikan Warna

Perlu diketahui warna yang Anda gunakan juga turut andil dalam memberikan ilusi yang Anda inginkan. Tak hanya warna putih saja yang dapat memberikan kesan lebar, Anda juga bisa menerapkan warna senada ataupun warna gradasi sesuai dengan selera.  Beberapa pilihan warna yang bisa Anda jadikan sebagai referensi adalah abu-abu, krem, ungu ataupun putih.

Baca juga tips memilih model kamar mandi minimalis

Selain itu, sebaiknya Anda menyerasikan warna cat dinding dengan lantai kamar mandi. Menurut desainer interior asal Amerika, Carla Aston, pemilihan warna yang senada antara cat dinding dan lantai kamar mandi dapat memberikan ilusi lebar. Dan sebaliknya, menerapkan warna terang pada dinding dan gelap pada ubin justru dapat membuat kamar mandi terlihat sesak dan sempit.

Gunakan Shower

Umumnya banyak orang yang suka berendam terlebih dahulu sebelum mandi. Namun jika ukuran kamar mandi Anda terlalu kecil, sebaiknya hindari penggunaan bath up. sebaiknya pilihlah shower untuk menghemat ruangan yang ada.

Jika menggunakan shower, pastikan area shower tersebut ditutupi dengan dinding pembatas atau partisi. Hal ini bertujuan agar air yang Anda gunakan untuk mandi tidak membasahi area lantai lainnya.

Perhatikan Penataan Lemari

Berikutnya adalah memperhatikan penataan lemari. Meskipun kamar mandi berukuran kecil, namun tetap saja harus ada lemari penyimpanan di dalamnya. Lemari penyimpanan itu berguna untuk menyimpan tisu, pembersih kamar mandi dan lainnya. Untuk penataannya sendiri, Anda bisa meletakkan di lemari kecil di bawah wastafel.

Meskipun memiliki ukuran kecil, penataan yang tepat tak akan menghabiskan ruang yang ada. Justru hal ini dapat membuat kamar mandi terlihat lebih rapi dan bersih. Nah bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Letakkan Cermin Besar

Sudah menjadi rahasia umum lagi jika cermin besar memang selalu dibutuhkan untuk memberikan ilusi lebar pada setiap ruangan, tak terkecuali dengan kamar mandi kecil. Anda juga bisa menempatkan cermin besar dan tinggi di depan wastafel. Bukan tanpa alasan, cermin ini dapat memberikan kesan kamar mandi terlihat lebih besar.

Agar terkesan lebih artistik, tak ada salahnya jika Anda juga menempatkan lampu kecil tepat di atas cermin atau lampu tembok di dinding area wastafel sebelah kiri dan kanan. Di jamin, kamar mandi Anda akan terlihat lebih menarik dan pastinya lebih lebar.

Perhatikan Pencahayaan

Tak hanya penataan  dan pewarnaan dinding saja, pencahayaan juga sangat penting untuk diperhatikan. Perlu diketahu cahaya alami yang masuk ke kamar mandi akan melewati celah-celah jendela. Cahaya tersebut juga dapat memberikan efek ruangan yang besar, oleh karena itu akan sangat baik jika kamar mandi memiliki jendela.

Disamping dapat memberikan efek luas, sinar matahari yang masuk dan udara yang keluar masuk dapat membuat kamar mandi Anda lebih sehat. Seperti yang kita ketahui kamar mandi adalah area basah dan lembab, sehingga akan banyak sekali berkembang biak. Jika matahari dapat masuk ke sana hal ini memungkinkan kamar mandi akan cepat kering setelah digunakan.

Gunakan Dinding Transparan

Berikutnya adalah dengan menggunakan dinding transparan. Sudah dijelaskan tadi, bawah kamar mandi yang kecil sebaiknya menggukan shower daripada bath up.  Jika menggunakan bath up, pilihlah dinding shower atau penyekat yang terbuat dari kaca transparan.

Penempatan kaca di antara shower dan toilet seakan membuat dinding tambahan di kamar mandi. Ini artinya kamar mandi Anda akan terlihat lebih besar dan lebar. Bagaimana? Tertarik mencoba beberapa tips di atas?

Baca juga tips dekorasi untuk kamar mandi

Demikianlah ulasan mengenai trik yang tepat menata kamar mandi kecil agar terlihat lebih luas dan lebar yang bisa Anda terapkan.

loading...