Tradisi Unik Lebaran di Dunia

By Categories : Umum

Lebaran identik dengan Hari Raya Idul Fitri yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Selain itu lebaran juga identik dengan tradisi pulang ke kampung halaman yang biasa dilakukan kebanyakan orang. Sementara itu untuk masalah makanan yang disajikan pada waktu Hari Raya Idul Fitri seperti opor ayam, rendang, ketupat, dan aneka ragam kue kering.

Tradisi Unik Lebaran

Semua perayaan tersebut menjadi hal yang wajib bagi umat muslim di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat beberapa tradisi unik untuk merayakan Lebaran. Tradisi unik apa sajakah itu dan di negara manakah? Penasaran, yuk ketahui pembahasannya di bawah ini.

Berikut Tradisi Unik Lebaran di Beberapa Negara di Dunia

Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara yang terletak di Timur Tengah yang identik dengan petunjukan unik yakni seninya. Ketika lebaran tiba, di Arab Saudi diisi dengan berbagai kesenian unik di antaranya seperti pagelaran sebuah teater, pembacaan puisi, tarian, dan berbagai parade musik. Sedangkan untuk menu khas di negara Arab Saudi, umat muslim di sana mengonsumsi daging domba yang sudah dicampur dengan nasi dan berbagai sayuran tradisional khas Arab setelah menjalankan shalat ied. Setelah makan mereka biasanya mengunjungi saudara serta tetangga untuk bersilaturahmi.

Turki

Tradisi unik lebaran di dunia berikutnya adalah di negara Turki. Ketika merayakan Idu Fitri masyarakat Turki menggunakan pakaian khas negara tersebut dan saling mengucapkan salam. Sama halnya dengan di Tanah Air, masyarakat Turki yang lebih muda bersujud dan mencium tangan pada mereka yang lebih tua. Anak-anak di sana juga keliling ke rumah saudara maupun ke rumah tetangga sambil mengucapkan doa dan salam. Biasanya sebagai hadiah, mereka akan mendapatkan coklat, permen, makanan tradisional negara tersebut, maupun uang koin.

Australia

Negara berikutnya dengan tradisi unik adalah Australia. Masyarakat beragama muslin di Australia biasa merayakan Idul Fitri dengan bersama anggota keluarga sama seperti di Tanah Air. Namun selain itu biasanya umat muslim di Australia merayakan hari raya lebaran dengan menghadirkan festival multi kultur yang juga biasa diikuti oleh para pejabat setempat yang beragama muslim maupun non muslim.

Malaysia

Tradisi unik lebaran di Malaysia memang sangatlah mirip dengan Indonesia, mengingat Malaysia merupakan tetangga dekat dari Indonesia. Masyarakat muslim di negara tersebut merayakan dengan makanan wajib saat lebaran seperti ketupat, rendang dan aneka macam makanan lainnya. Selain itu bagi mereka yang sudah dewasa dan mendapatkan penghasilan harus memberikan uang kepada saudara mereka yang berumur lebih muda. Selain itu mereka juga akan berziarah ke makam saudara maupun orang lebih tua yang sudah meninggal.

India

Negara dengan tradisi unik saat lebaran berikutnya adalah India. Bagi umat muslim di India mereka merayakan lebaran Idul Fitri dengan berkumpul di Masjid. Setelah ibadah mereka akan mengobrol-ngobrol dengan teman-teman. Uniknya terdapat makanan khas India seperti Siwaiyaan yakni bihun manis yang biasa dinikmati dengan susu beserta buah kering.

Demikianlah tadi tradisi unik lebaran di dunia, setiap negara memiliki tradisi unik ketika merayakan sebuah hari raya. Baca juga artikel mengenai Tips aman mudik lebaran.