Tips Wawancara Kerja yang Baik

By Categories : Umum

Wawancara merupakan hal yang pasti dilakukan ketika seseorang melamar sebuah pekerjaan di perusahaan. Tujuan wawancara sendiri beragam salah satunya adalah agar si pewawancara mengetahui karakter si calon pekerja tersebut. Oleh karena itu wawancara merupakan sebuah proses yang dilakukan pada saat seseorang menerima panggilan sebuah pekerjaan pada perusahaan.

Selain test tertulis dan psikotes, sebuah wawancara merupakan salah satu faktor penentu dalam diterima atau tidaknya si pelamar pekerjaan. Oleh karena itu wawancara sangat perlu diperhatkan agar proses wawancara dapat berjalan lancar. Lalu bagaimana tips yang baik dalam sebuah wawancara? setelah mempersiapkan pakaian untuk interview kerja, langsung saja untuk mengetahui ulasannya simak berikut ini!

Tips Wawancara Kerja yang Baik

Tips Wawancara Kerja yang Baik

Cari Tahu Mengenai Perusahaan yang Anda Lamar

Sebelum melakukan wawancara berlangsung sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu mengenai profil perusahaan tersebut. Anda bisa mendapatkan profil sebuah perusahaan yang akan Anda lamar melalui sebuah media, atau juga berasal dari sumber internet. Hal ini bertujuan untuk ketika Anda ditanya si pewawancara mengenai seputar perusahaan, maka Anda tidak terlalu bingung untuk menjawabnya. Selain itu Anda juga dapat memberikan pandangan positif terhadap perusahaan tersebut agar memberikan ketertarikan serta keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan tersebut. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebih.

Datanglah untuk Lebih Awal

Datang lebih awal lebih baik daripada Anda datang terlambat. Hal ini dikarenakan si pewawancara akan menilai Anda buruk ketika datang terlambat. Selain itu datang lebih awal sekitar 15 sampai 20 menit untuk merapikan dan mempersiapkan diri Anda untuk wawancara. Manfaat datang lebih awal lainnya adalah Anda tidak terlalu berburu-buru dalam perjalanan, karena waktu mepet justru dapat berbahaya dalam perjalanan.

Ucapkan Salam kepada Para Pewawancara

Cara yang satu ini wajib dilakukan bagi para calon pekerja. Saat Anda memasuki sebuah ruangan wawancara sebaiknya ucapkan terlebih dahulu “Selamat Pagi Bapak/Ibu” atau kata salam lainnya. Hal ini bertujuan agar Anda terlihat lebih sopan dan baik. Perhatikan juga keadaan misal saja waktu Anda wawancara pagi hari, maka otomatis Anda harus mengucapkan “Selamat Pagi”, begitu pula seterusnya.

Jabat Tangan

Selain ucapan salam, berjabat tangan juga diperlukan dalam wawancara. Sodorkan tangan Anda sekaligus perkenalkan diri Anda kepada pewawancara. Genggam tangan si pewawancara jangan terlalu keras dan juga jangan terlalu lemah. Jangan lupa untuk perlhatkan wajah senyum Anda.

Jangan Duduk Sebelum Dipersilahkan Duduk

Tetap dengan posisi Anda, dalam arti jangan duduk terlebih dahulu sebelum Anda dipersilahkan untuk duduk. Hal ini bertujuan untuk mengikuti prsosedur si pewawancara. Ketika sudah dipersilahkan duduk sebaiknya Anda duduk yang tenang, tegar, dan sopan.

Menerbarkan Senyuman dan Kontak Mata

Kontak mata dan senyuman sangat dibutuhkan ketika melakukan wawancara. Hal ini menunjukkan bahwa rasa percaya diri timbul dengan baik, dan menjadi salah satu bentuk fokus bahwa Anda memperhatikan dengan baik si pewawancara.

Ceritakan Diri Anda dengan Jujur

Menceritakan diri dengan jujur merupakan langkah yang baik dalam wawancara. Jangan terlalu melebihkan diri sendiri, karena hal tersebut dapat menjadi boomerang terhadap diri Anda. Sebaiknya ceritakan secukupnya mengenai diri Anda dengan jujur.

Tunjukkan Antusiasme dan Semangat

Rasa semangat dan antusiasme yang baik merupakan langkah yang baik dalam melakukan wawancara. Si pewawancara akan berpikir semangat dan antusiasme Anda dalam bekerja baik. Hal tersebut akan menjadi nilai tambahan tersendiri kepada Anda dalam wawancara yang dilakukan.

Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih Setelah Wawancara Berakhir

Langkah yang satu ini sangat diperlukan, terdapat salam awal dan juga perpisahan. Oleh karena itu jika terdapat sebuah salam awal maka juga terdapat salam ucapan terima kasih saat wawancara selesai atau berakhir. Jangan lupa pula untuk berjabat tangan dan mengucapkan terima kasih.

Itulah beberapa tips wawancara kerja yang baik yang dapat Anda jadikan referensi ketika Anda akan melakukan sebuah wawancara. Baca juga artikel Pakaian untuk Interview yang Baik dan Sopan