Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag

By Categories : Kesehatan

Mendekati bulan puasa banyak sekali bagi penderita maag yang ragu untuk menjaalankan puasa. Padahal yang harus kita ketahui seperti halnya dengan penderita diabetes, puasa justru akan menyehatkan dan menyembuhkan segala penyakit salah satunya adalah penyakit maag. Penyakit maag atau dalam bahasa medisnya disebut dengan dispepsia merupakan salah satu penyakit usus yang paling umum. Penyakit maag ini terjadi karena disebabkan tidak normalnya kerja otot atau saraf yang berfungsi mengendalikan organ-organ pencernaan.

Terdapat dua jenis maag yaitu maag organik dan maag fungsional. Bagi penderita maag organik biasa telah mengalami hal yang ekstrim seperti muntah darah dan lainnya yang diakibatkan kerana kerusakan lambung yang sudah parah. Sedangkan maag fungsional adalah hanya mengalami serangan maag biasa seperti mual, sakit pada ulu hati, kembung, sendawa dan mulut terasa pahit. Meskipun seperti hal ini tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan terjadinya maag organik.

Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tapi tidak perlu khawatir untuk Anda yang saat ini memiliki riwayat penyakit maag. Jangan jadikan sebuah penyakit menghalangi Anda untuk melakukan ibadah puasa karena pada dasarnya puasa memiliki manfaat salah satunya menyembuhkan penyakit maag. Hal itu dikarenakan ketika puasa pola makan menjadi teratur dan setidaknya mengurangi makan siang yang banyak mengandung lemak, kafein dan minuman bersoda dimana jenis makanan tersebut salah satu penyebab dari penyakit maag. Memang untuk puasa pada awal minggu pertama bagi penderita maag sangat merasa tidak nyaman, namun jika telah terbiasa dengan pola makan yang baru tentunya sakit maag akan menghilang dengan sendirinya. Berikut tips sehat berpuasa bagi penderita maag.

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag yang Perlu Anda Ketahui

Wajib Makan Sahur

Bagi penderita maag ketika ingin melakukan puasa, melakukan makan sahur adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Karena dengan melakukan sahur setidaknya lambung dapat menyimpan cadangan makanan dan tidak dalam keadaan kosong sehingga tingkat keasaman lambung dalam tingkat yang normal. Maka dengan begitu bagi penderita maag tidak akan mengalami sakit ketika menjalani puasa. Selain itu ketika sahur juga sangat disarankan untuk mengonsumsi obat maag sebagai tahap pencegahan.

Menghindari Tidur Setelah Sahur

Tips sehat berpuasa bagi penderita maag selanjutnya adalah tidak tidur setelah sahur. Kebiasaan yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah tidur setelah sahur. Hal itu sangat tidak baik jika dilakukan entah itu bagi penderita maag ataupun yang tidak, karena itu dapat meningkatkan sekreasi asam lambung dan gerak paristaltik pankreas. Hal itu bisa menyebabkan Anda menjadi lapar ketika bangun tidur dan alhasil akan membuat sakit maag kambuh.

Segera Untuk Berbuka

Segera untuk berbuka puasa jika telah tiba saatnya sangat dianjurkan dalam hukum puasa. Begitu pula dalam pandangan medis bagi penderita maag agar menyegerakan untuk berbuka puasa jika telah tiba saatnya berbuka. Karena untuk memberikan asupan nutrisi dalam lambung yang kosong dalam beberapa jam yang lalu. Selain itu dapat juga mengantisipasi timbulnya rasa sakit karena penyakit maag yang dialami.

Mengonsumsi Obat Secara Teratur

Inilah yang harus selalu diperhatikan oleh orang yang menderita maag yatu selalu memperhatiakan untuk mengonsumsi obat secara teratur, ketika waktu berbuka dan sahur. Dengan melakukan hal itu juga bisa menjaga kondisi Anda dari kambuhnya penyakit maag Anda.

Nah itulah penjelasan mengenai tips sehat berpuasa bagi penderita maag yang harus Anda ketahui. Baca juga artikel terkait mengenai Akibat sering telat makan.