Tips Sederhana Mengatur Keuangan Rumah Tangga

By Categories : Umum

Bagi sebagian orang masalah keuangan biasanya dianggap sebagai hal yang umum dalam berumah tangga. Faktor pendapatan merupakan hal yang dianggap menjadi masalah dalam hal ini. Apalagi bagi Anda yang baru menikah atau keluarga muda. Di tahun pertama pernikahan biasanya pasangan suami istri belum bisa mengatur keuangan rumah tangga. Belum lagi jika Anda baru memiliki anak. Pastinya banyak keperluan yang harus Anda tanggung. Apakah besar-kecilnya pendapatan menjadi masalah dalam rumah tangga?

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Hal seperti itu sering menjadi pertanyaan dalam berumah tangga. Padahal,seringkali masalah timbul bukan karena faktor pendapatan yang kurang, melainkan cara yang salah dalam mengatur uang. Untuk itu bagi Anda yang sudah berkeluarga , apalagi keluarga muda harus pintar-pintar mengatur keuangan rumah tangga. Berikut tips sederhana mengatur keuangan rumah tangga.

Pahami portofolio keuangan Anda

Anda harus mengetahui isi tabungan yang Anda punya, pengeluaran rutin seperti bayar tagihan listrik, tagihan telepon, biaya belanja, serta biaya pendidikan anak. Belum lagi keperluan  lainnya seperti biaya service kendaraan, tagihan kartu kredit , cicilan rumah dan lain-lain.

Menyusun rencana keuangan

Rencana keungan yang realistis perlu dipahami dalam berumah tangga. Hal ini bertujuan agar Anda lebih obyektif dalam mengatur keuangan. Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengajak berlibur keluarga atau pergi ke salon.

Pahami antara kebutuhan atau keinginan

Banyak sekali keluarga yang mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu penting atau hanya didorong rasa keinginan bukan kebutuhan. Tak jarang, anggaran rumah tangga sering berantakan karena hal tersebut. Untuk menjaganya, Anda dianjurkan untuk membuat daftar kebutuhan dan keinginan.  Dengan seperti itu, Anda dapat mengetahui keperluan apa yang perlu didahulukan.

Hindari hutang

Dalam berumah tangga godaan untuk hidup lebih konsumtif lebih besar. Anda tidak perlu membeli barang dengan cara kredit. Cobalah untuk lebih sederhana dalam mengelola keuangan. Biasakan membeli barang yang paling bermanfaat. Anda jangan tergiur dengan bunga cicilan 0%.

Mengurangi pengeluaran yang konsumtif

Berkumpul dengan teman atau kerabat di sebuah restoran adalah hal yang menyenangkan untuk bertukar pikiran. Namun dalam hal ini Anda tidak perlu melakukannya disetiap akhir pekan. Lebih baik uang untuk pengeluaran itu ditabung.

Menabung

Setelah menerima gaji biasanya orang cenderung membelanjakannya sesuka hati. Namun, pola pikir seperti ini harus segera dirubah. Sebaiknya Anda menabungkan sebagian gaji Anda untuk keperluan yang akan datang. Anda disarankan membuat rekening yang berbeda dari rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

Berinvestasi

Tips sederhana mengatur keungan rumah tangga yang terakhir adalah berinvestasi. Jika Anda mempunyai cita-cita financial, selain menabung Anda perlu berinvestasi. Ada berbagai macam bentuk investasi. Sebelum berinvestasi, Anda berkonsutasi dulu dengan ahlinya agar tidak salah.