Tips Naik Gunung Bagi Pemula

By Categories : Wisata

Bagi para pecinta alam mendaki gunung merupakan salah satu cara yang wajib untuk dilakukan. Biasanya mereka mengunjungi dari gunung satu ke gunung lainnya untuk menikmati pemandangan alam. Kegiatan pendakian ini memiliki banyak manfaat yang bisa diambil. Selain sebagai sarana rekreasi, mendaki gunung juga sama saja melatih tubuh untuk berolahraga. Pemandangan alam di puncak membuat hati terkagum sehingga mampu membantu untuk meminimalisir resiko rasa stress akibat beban pikiran yang terus bertambah. Namun untuk mendaki gunung, Anda perlu membawa perlengkapan naik gunung yang wajib dibawa saat pendakian. Di samping membawa barang-barang tersebut, Anda juga perlu memperhatikan tips-tips untuk naik gunung. Lalu bagaimana saja tips naik gunung bagi pemula? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Tips Naik Gunung Bagi Pemula yang Perlu Diketahui

Berikut adalah Tips Naik Gunung Bagi Pemula

Rajin Berolahraga sebelum Naik Gunung

Tips naik gunung bagi pemula yang pertama adalah rajin untuk berolahraga sebelum melakukan pendakian. Hal ini sangat penting untuk dilakukan bagi mereka yang baru pertama kali mendaki gunung. Berolahraga sebelum proses pendakin bertujuan untuk menyiapkan fisik dan juga mental, sehingga saat proses pendakian berlangsung fisik akan siap menghadapi segala rintangan yang ada. Dengan berolahraga stamina tubuh akan meningkat secara otomatis.

Pendakian dengan Teman

Tips berikutnya adalah mengajak teman yang sudah pernah melakukan pendakian. Bagi para pemula sebaiknya ketika akan melakukan proses pendakian mengajak teman yang sudah berpengalaman untuk mendaki gunung. Selain itu Anda juga bisa bergabung dengan komunitas pecinta alam. Dengan begitu maka proses pendakian semakin menarik, karena bisa bersama-sama. Di sisi lain Anda juga bisa mendapatkan teman baru bila bergabung dengan sebuah komunitas pecinta alam atau sejenisnya.

Mengecek Lokasi Pendakian

Tips berikutnya adalah mengecek lokasi pendakian jauh-jauh hari sebelum proses pendakian berlangsung. Jangan lupa untuk melihat cuaca apakah sedang baik untuk proses pendakian atau tidak. Dengan persiapan tersebut maka Anda akan lebih mengetahui dan proses pendakian dapat dilakukan setelah proses pengecekan tersebut. Jangan lupa juga untuk mencari sumber informasi di internet mengenai tujuan pendakian yang Anda tentukan.

Jangan Lupa Membawa Barang Penting Saja

Ketika proses pendakian jangan lupa untuk membawa barang-barang penting saja. Ini merupakan tips naik gunung bagi pemula yang sering dilupakan. Kebanyakan dari mereka membawa barang-barang yang tidak penting saat mendaki. Barang yang tidak begitu penting akan menjadi beban saat pendakian. Oleh sebab itu bawalah barang-barang penting seperti makanan, senter, kaos kaki, tas, dan barang-barang lainnya yang berguna saat mendaki gunung.

Membawa Alat Komunikasi

Saat proses pendakian berlangsung jangan hanya mengandalkan handphone saja, karena di alam bebas apalagi di atas ketinggian bisa saja kehilangan sinyal. Untuk itu sebaiknya jangan lupa untuk membawa radio dua arah, hand talky, atau peralatan komunikasi lainnya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips naik gunung bagi pemula yang perlu diketahui.

Baca juga artikel lainnya mengenai Misteri gunung Bromo.

Loading...