Tips Mudah Merawat Rambut Kering Secara Alami

By Categories : Tips

Memiliki rambut kering tentu menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, terutama wanita. Masalah tersebut akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri seseorang. Rambut kering yang dibiarkan terus menurus akan semakin rusak. Sehingga hal ini harus segera diatasi agar tidak terjadi hal buruk  kedepannya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut kering, diantaranya secara modern dan alami. Namun dari dua cara tersebut Anda disarankan untuk menggunakan cara alami karena tidak memiliki efek samping.

Tips Mudah Merawat Rambut Kering

Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering? Sebelum membahasnya lebih lanjut perlu Anda ketahui penyebab rambut kering itu sendiri. Berikut penyebab rambut kering yang perlu Anda hindari.

  • Rambut sering terkena sinar matahari secara langsung.
  • Penggunaan pewarna rambut yang berlebihan.
  • Efek dari kandungan klorin yang terdapat pada kolam renang.
  • Melakukan perawatan rambut yang salah seperti penggunaan shampo yang tidak cocok, penggunaan alat penata rambut seperti catok, roll, maupun hair drayer.

Pemilihan shampo sangat penting untuk kesehatan rambut Anda. Jika Anda salah memilih shampo bukan tidak mungkin kondisi rambut Anda akan tidak sehat. Masalah yang terjadi biasanya rambut kering, rontok, dan sebagainya.

Cara merawat rambut kering dengan mudah

  1. Jangan menggunakan shampo secara berlebihan

Penggunaan shampo yang berlebihan saat keramas menjadi penyebab utama rambut menjadi kering. Jika berlebihan menggunakan shampo maka akan membuat minyak alami pada rambut menjadi hilang.

  1. Sayangi rambut kering Anda sementara

Merawat rambut kering memang butuh kesabaran, karena rambut kering cenderung mudah patah dan mengembang maka untuk merawatnya juga harus dengan lembut, terutama ketika keramas dan memijit kulit kepala. Hindari memijit kulit kepala dengan menggunakan kuku atau dengan cara menarik rambut dengan keras. Hal ini untuk menghindari rambut patah dan mencegah iritasi kulit.

  1. Menyisir rambut dengan benar

Menyisir rambut yang salah dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan menjadi mudah kusut. Jadi setelah keramas Anda biarkan rambut mengering kemudian baru Anda sisir perlahan agar rambut tidak rontok.

  1. Menggunakan jeruk nipis

Cara merawat rambut kering selanjutnya adalah menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang cepat mengatasi rambut kering. Jeruk nipis mampu membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit.  Caranya adalah dengan memjat kulit kepala secara perlahan menggunakan air perasan jeruk nipis. Kemudian tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air.

  1. Pilih kondisioner yang cocok

Sebelum menggunakannya perhatikan terlebih dahulu kondisioner Anda apakah sudah cocok untuk jenis rambut Anda atau tidak. Caranya adalah pilih kondisioner yang tidak mengandung alkohol. Hal ini karena kandungan alkohol dapat mengakibatkan rambut semakin mengering.