Tips Mudah Melindungi Perangkat Android yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Tips

ndroid merupakan sistem operasi paling populer di dunia dengan pengguna terbanyak. Salah satu alasan banyak orang begitu menyukai Android adalah fleksibilitas dalam penggunaan serta ditambah berbagai aplikasi yang bisa didapatkan. Pihak Google sendiri selalu memeriksa setiap aplikasi yang lolos masuk ke dalam Google Playstore agar aman dari ancaman malware dan sejenisnya.

Dengan meningkatnya ketergantungan pada sebuah gadget membuat banyak orang menyimpan berbagai data pribadi ke dalam perangkat mereka. Hal tersebut perlu perhatian untuk menghindari pencurian data yang tidak diinginkan oleh pihak tak bertanggung jawab. Nah untuk menghindari kehilangan data pribadi penting terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Lalu bagaimana caranya? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Melindungi Perangkat Android

Berikut adalah Tips Mudah Melindungi Perangkat Android

Menggunakan Fitur Kunci Layar

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan ponsel Android adalah dengan menggunakan fitur kunci pada layar. Pada umumnya setiap perangkat smartphone memiliki fitur kunci pada layar. Pastikan kode kunci layar hanya Anda yang mengetahuinya. Cara yang satu ini berguna untuk mencegah orang lain mengakses perangkat yang Anda gunakan. Terdapat variasi pada kunci layar dapat berupa pola atau kode sandi.

Menghindari Aplikasi dari Sumber yang Kurang Percaya

Menghindari aplikasi dari sumber yang kurang percaya merupakan tips berikutnya untuk mengamankan ponsel Android dari pencurian data. Usahakan untuk mengunduh aplikasi berasal dari toko asli Android yaitu Google Playstore. Ini dikarenakan Google Play sudah dipastikan oleh pihak Google bebas dari ancaman malware dan sejenisnya yang bisa membahayakan ponsel Android. Dengan begitu ponsel Anda aman dari ancaman malware dan resiko kehilangan data. Baca juga Aplikasi Game Android Terpopuler di Indonesia 2015

Melindungi dengan Pengunci Aplikasi

Pengunci aplikasi dapat digunakan untuk melindungi beberapa aplikasi yang Anda anggap penting. Biasanya pada smartphone memiliki fitur pengunci aplikasi bawaan yang bisa digunakan. Misal saja beberapa akun sosial media, galeri foto, serta aplikasi penting lainnya yang dapat Anda lindungi dengan pengunci aplikasi. Pastikan kode pengunci aplikasi jangan sampai lupa.

Menghindari Root Perangkat Anda

Tips berikutnya untuk menjaga keamanan perangkat Android Anda adalah dengan cara menghindari proses root. Proses root merupakan pembebasan hak akses yang banyak menarik perhatian para pengguna Android. Namun seperti yang diketahui bahwa ketika sampai salah melakukan proses root ini bisa jadi ponsel yang Anda miliki tidak bisa digunakan sama sekali. Dengan resiko tersebut membuat Anda dapat kehilangan data penting pada ponsel Android yang Anda gunakan.

Selalu Perbarui Versi Aplikasi Anda

Pihak Google biasanya memberikan update secara berkala jika terdapat versi baru. Hal ini sangat penting untuk keamanan terhadap ponsel Android Anda. Update pada aplikasi berguna untuk menambahkan patch keamanan serta fitur terbaru yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Jadi pastikan ketika mendapatkan update aplikasi secara online maka segeralah untuk memperbaharuinya.

Demikianlah tadi pembahasan beberapa tips mudah melindungi perangkat Android yang perlu diperhatikan. Adapun tips lainnya seperti menggunakan antivirus untuk Android yang berguna mencegah infeksi malware dan sejenisnya.

loading...