Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet

By Categories : Tips

Printer merupakan salah satu perangkat elektronik yang digunakan untuk mencetak dokumen ataupun hasil desain yang diolah melalui PC atau laptop. Keberadaan printer sangat diperlukan untuk berbagai keperluan seperti perkantoran maupun untuk keperluan akademis seperti cetak tugas sekolah dan juga membuat skripsi.

Sama seperti barang elektronik lainnya, printer juga memerlukan perawatan agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Ini dikarenakan komponen printer yang memiliki harga tidak murah seperti catride dan komponen lainnya. Secara umum printer dibedakan dalam beberapa jenis seperti printer laser, inkjet printer, thermal printer, dan banyak lagi. Untuk sekedar informasi dalam merawat printer, di bawah ini terdapat beberapa tips merawat printer agar lebih awet.

printer

Berikut Tips Merawat Printer Agar Tahan Lama

Gunakan printer Sesering Mungkin

Tips merawat printer yang pertama adalah dengan menggunakan sesering mungkin. Untuk tips yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada printer inject dengan menggunakan tinta. Ini dikarenakan printer jenis inject jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, justru akan membuat tinta di head catridge akan kering, sehingga akan mempengaruhi hasil dari cetakan. Untuk proses pemakaian sebaiknya gunakan printer paling tidak dua kali dalam seminggu.

Mematikan Printer dengan Benar

Tips merawar printer agar lebih awet berikutnya adalah dengan mematikan printer dengan benar. Untuk mematikan printer sebaiknya sesuai dengan prosedur pabrikan yakni dengan menekan tombol power ketika mematikannya. Mematikan printer dengan menekan tombol benar maka printer akan otomatis melakukan proses pembersihan pada permukaan head sebelum kembali pada tempatnya semula. Hal tersebut akan membantu head catridge akan tetap bersih dan terjaga.

Jangan Menunggu Printer Sampai Habis

Tips berikutnya adalah jangan menunggu printer sampai keadaan habis. Untuk pengguna printer tinta sebaiknya jangan menunggunya sampai habis. Dikarenakan ketika tinta dalam printer habis membuat udara akan masuk ke dalam selang infus serta catridge yang bisa menyebabkan tinta akan terhambat untuk keluar.

Gunakan Aplikasi Clean Head

Setiap printer biasanya dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang dinamakan clean head. Gunakan aplikasi clean head minimal seminggu sekali. Adapun fungsi dari aplikasi tersebut adalah untuk membantu membersihkan serta menjaga tinta agar tetap dapat keluar dengan baik dan lancar. Baca Juga Game Basket di Android Paling Populer

Menghindari Penggunaan Kertas Kotor

Penggunaan kertas kotor atau berdebu sebaiknya perlu dihindari agar roll penarik kertas tidak kotor. Bila rol penarik kertas kotor akibat dari penggunaan kertas berdebu atau yang sudah kotor maka dapat mengakibatkan rol menjadi mudah aus dan menimbulkan kerusakan. Akibatnya rol tidak dapat digunakan lagi untuk menarik kertas.

Menjaga Kebersihan Printer

Tips yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan printer. Sama halnya dengan menghindari penggunaan kertas kotor, menjaga kebersihan printer juga perlu dilakukan. Karena itu ketika sudah menggunakan printer sebaiknya tutupi printer dengan menggunakan cover plastik untuk menghindarkan debu masuk ke dalam printer.

Jenis-Jenis Printer

Printer Dot Matrix

Ini merupakan printer yang menggunakan pita dalam percetakannya. Karena masih menggunakan pita maka hasilnya juga cenderung kasar dan kurang begitu baik. Cetakan ini dapat dirangkap menggunakan karbon. Untuk warna juga terbatas, yakni hitam, merah, dan biru saja. Resolusi gambar sangat rendah yaitu berupa titik-titik yang saling berhubungan.

Printer Ink Jet – Desk Jet – Bubble Jet

Inkjet Printer adalah salah satu alat printer yang sudah menggunakan tinta saat mencetaknya. Printer ini mampu mencetak hingga ukuran kertas yang cukup besar dan sudah memiliki kualitas yang baik. Untuk resolusi bisa mencapai  5760 x 1440 dpi. Teknologi yang digunakan adalah dor on demand, yakni dengan cara menyemprotkan titik kecil tinta pada kertas melalui lubang pipa yang sangat kecil atau nozzle. Kelebihan dari jenis tinta ini adalah mudah mencetak gambar dengan berbagai warna dengan kualitas baik dan mampu mencetak di ukuran kertas yang besar.

Printer Laser Jet

Jenis printer ini paling bagus kualitasnya dibanding dengan printer lainnya. Alat yang mencetaknya bukan menggunakan tinta melainkan bubuk toner serta pencetakannya sudah menggunakan infra merah. Printer Laser Jet mampu mencetak dengan kecepatan tinggi, hampir dua kali lipat kecepatan printer biasa. Kerja printer ini hampir mirip dengan mesin fotocopy, yakni menggunakan photographic drum. Ini yang membuat hasil cetakan lebih tajam.

Thermal Printer

Printer ini sangat berbeda dengan printer laser atau printer biasa. Printer jenis menggunakan panas untuk mencetak di atas kertas. Jadi tidak menggunakan cartridge tinta  yang biasa menggunakan pada jenis printer biasa. Kelebihan dari jenis printer ini adalah tidak bising dan juga cukup cepat dalam mencetak.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa tips merawat printer agar lebih awet. Untuk lebih baiknya, servis printer secara berkala untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada komponen. Baca Juga Cara Memelihara Ikan Lele Yang Benar

Loading...