Tips Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

By Categories : Tips

Saat ini sudah banyak pengguna mobil yang menyukai transmisi matic. Selain memberikan kemudahan, transmisi matic juga nyaman ketika dikendarai di jalan. Terlebih lagi ketika jalanan sedang macet, pengemudi lebih rileks dan tidak mengalami capek berlebih dibanding dengan mobil dengan transmisi manual. Namun dibalik kemudahan yang dimiliki ternyata mobil dengan transmisi matic juga memiliki berbagai kelemahan terhadap mesin jika tidak diperhatikan.

Untuk masalah harga transmisi matic juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan manual dalam kondisi baru. Maka dari itu diperlukan perawatan khusus untuk mobil matic agar tetap awet dan nyaman saat digunakan. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana saja merawatnya? Silahkan simak beberapa tips berikut ini!

Tips Merawat Mobil Matic

Tips Merawat Mobil Matic dengan Mudah

Melakukan Uji Jalan

Sebagai pengemudi mobil matic, Anda perlu melakukan uji jalan dengan merasakan perpindahan persneling saat menjalankannya. Merasakan perpindahan persneling pada mobil matic sangat penting untuk mengetahui adanya masalah atau tidak pada bagian mesin mobil. Jika Anda merasakan getaran dan suara ketika memindahkan porsneling maka kemungkinan besar mobil matic Anda mengalami masalah pada bagian transmisi. Transmisi pada mobil matic sangat berperan penting dan merupakan bagian vital. Servis secara berkala sesuai dengan petunjuk dealer resmi.

Rajin untuk Mengecek Oli

Tips merawat mobil matic yang kedua adalah rajin mengecek oli. Meskipun poin yang satu ini terlihat sederhana, tetapi mengecek oli perlu diperhatikan. Terlebih bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota sebaiknya selalu mengecek oli ada mobil Anda. Jika saja Anda membiarkan oli pada mobil, maka dapat mempengaruhi kinerja transmisi dan dapat menimbulkan resiko kerusakan pada mobil matic Anda. Untuk itu gantilah oli mobil khusus untuk matic dengan nama automatic transmission fluid. Pada umumnya pergantian oli berdasarkan dengan laju mobil sekitar jarak 20 ribuan.

Memanaskan Mobil Setiap Harinya

Memanaskan mesin mobil sangat penting untuk dilakukan. Selain berguna untuk mesin, memanaskan mobil juga bermanfaat untuk aki mobil. Secara umum aki mobil tipe basah perlu dihidupkan setiap harinya agar tidak mogok, sedangkan untuk aki tipe kering lebih mudah dalam perawatan namun tetap dihidupkan. Memanaskan mesin mobil dapat dilakukan di pagi hari dengan kondisi persneling mobil berada di posisi N.

Teliti Ketika Menggunakan Persneling Matic

Tips merawat mobil matic yang berikutnya adalah teliti ketika menggunakan persneling saat berjalan. Jangan gunakan persneling posisi P jika mobil belum benar-benar berhenti, selain itu hindari persneling pada posisi N ketika mobil sedang di parkir, sebaiknya pindahkan transmisi pada posisi P ketika parkir. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada transmisi.

Service Berkala

Seperti halnya dengan mobil transmisi manual, perawatan secara berkala juga penting untuk kendaraan jenis matic. Anda harus mengikuti instrusksi service berkala yang sudah direkomendasikan oleh produsen mobil. Untuk itu, lakukanlah service sesuai ketentuan yang berlaku agar mobil matic Anda tetap dalam performa yang baik.

Deteksi  Dini pada Valve

Masalah yang sering dialami oleh pengguna mobil matic adalah kerusakan atau kebocoran yang terjadi pada gasket transmisi. Untuk itu, Anda harus mendeteksi secara dini. Biasanya pemidahan tuas yang kasar menjadi penyebab valve rusak serta kebocoran tersebut.

Pengecekan Kinerja Transmisi

Sebagai pengguna mobil matic Anda harus mengetahui kinerja transmisi mobil Anda. Cara mengeceknya cukup mudah, tempatkan tuas transmisi di posisi D atau R, kemudian rem dilepas. Jika mobil tidak ada masalah pada sistem transmisi maka mobil akan langsung bergerak.

Nah itulah tadi beberapa tips merawat mobil matic yang perlu diperhatikan. Yang terpenting adalah selalu membawa ke bengkel resmi untuk servis secara berkala, dengan begitu mesin lebih mudah terkontrol dengan baik.

Untuk perawatan sebenarnya tergantung dari penggunaan sehari-hari. Misalnya berkendara di jalanan yang macet seperti halnya di kota-kota besar memang akan jauh lebih nyaman mengunakan mobil matic. Namun untuk perawatannya membuatuhkan perhatian lebih dibanding dengan mobil manual. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Pengguna Mobil Matic

  • Slip Kopling. Kerusakan pada mobil matic dapat dirasakan dari slip kopling. Hal ini dapat terlihat dari ketidakseimbangan putaean mesin dengan laju mobil.
  • Hindari memasukkan tuas pada posisi P saat mobil belum benar-benar berhenti.
  • Perpindahan gigi. Perpindahan gigi persneling yang menyentak dan tidak biasa berarti transmisi mobil Anda mengalami masalah.
  • Hindari memarkir mobil dalam posisi D. Biasanya kejadian ini sering dilakukan orang seseorang yang terbiasa menggunakan mobil manual. Jika dibiarkan maka plat kopling Anda kan mudah rusak. Dengan parkir dengan posisi D maka mobil Anda sudah parkir dengan aman.
  • Autimatic Transmision Fluid. Ini berada di dalam gearbox matic yang berguna untuk melumasi. Prinsip dari hidrolis  dalam gearbox matic akan memerlukan mediator.

Itulah beberapa tips merawat mobil matic dan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Loading...
terms: posisi transmisi saat memanasi mobil matic