Tips Merawat Lensa Kamera DSLR Agar Tidak Berjamur

By Categories : Teknologi

Pada pokok pembahasan kali ini mengenai tips merawat lensa kamera DSLR agar tidak berjamur. Lensa kamera DSLR menjadi salah satu komponen paling penting untuk menunjang kualitas yang dihasilkan. Begitu banyak permasalahan yang bisa terjadi pada sebuah lensa kamera DSLR mulai dari permasalahan autofokus sampai dengan munculnya bercak jamur pada lensa. Bentuk jamur yang menempel pada lensa kamera beragam mulai dari ukuran kecil sampai dengan ukuran besar. Jika lensa kamera sudah terkena bercak jamur, maka salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur tersebut adalah dengan membawa ke tempat service untuk cuci khusus lensa. Maka dari itu cobalah melakukan tips berikut agar terhindar dari bercak jamur.

Tips Merawat Lensa Kamera DSLR Agar Tidak Berjamur

Berikut Tips Merawat Lensa Kamera DSLR

Memasang Filter pada Lensa

Tips merawat lensa kamera DSLR yang pertama adalah dengan memasang filter khusus untuk lensa. Fungsi filter UV pada lensa untuk melindungi optic lensa dari sinar ultraviolet yang dapat mengurangi kinerja dari lensa dalam jangka waktu lama. Selain itu dengan adanya filter yang terpasang pada lensa, secara otomatis akan melindungi lensa dari debu serta jamur yang dapat menempel akibat suhu yang lembab.

Taruh Lensa dalam Dry Box

Tips yang kedua adalah dengan menaruh dan menyimpan lensa dalam dry box yakni kotak khusus kedap akan udara. Pada umumnya jamur dapat muncul pada lensa akibat dari udara lembab. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda membutuhkan dry box yang kedap akan udara. Selain lensa, jangan lupa juga menaruh body kamera ke dalam dry box. Biasanya pada dry box terdapat pengatur suhu secara otomatis.

Menggunakan Kain atau Kertas Khusus Pembersih

Tips merawat lensa kamera DSLR berikutnya adalah dengan menggunakan kain atau kertas khusus untuk membersihkan lensa. Kain dengan permukaan kasar dapat menyebabkan goresan pada lensa ataupun filter jika menggunakan filter. Untuk itu ketika membersihkan lensa, sebaiknya pilihlah kain dengan permukaan halus untuk lebih amannya.

Bersihkan Segera Setelah Digunakan di Pantai

Tips merawat lensa yang keempat adalah dengan segera membersihkan lensa beserta body kamera setelah pergi ke pantai. Seperti yang kita ketahui bahwa garam dapat menyebabkan korosi yang berakibat proses pengkaratan. Nah untuk itu bagi Anda yang setelah menggunakan kamera, sebaiknya segera untuk membersihkan semua komponen kamera termasuk lensa. Anda dapat membersihkan dengan menambahkan cairan khusus pembersih lensa.

Hindari Sentuhan Terhadap Lensa

Sentuhan jari terhadap lensa dapat menimbulkan bekas pada lensa. Hal itulah yang bisa menyebabkan timbulnya jamur pada lensa. Untuk itu ketika jari Anda menyentuh lensa, sebaiknya langsung membersihkan dengan kain atau kertas khusus untuk membersihkannya.

Memasang Penutup atau Caps

Yang terakhir adalah dengan menutup lensa dengan caps atau penutup saat sedang tidak digunakan. Ketika sedang menyimpan di dalam dry box, sebaiknya caps terus terpasang pada lensa. Ini untuk menambah pengamanan terhadap jamur yang dapat tumbuh pada lensa.

Demikian pembahasan mengenai tips merawat lensa kamera DSLR agar terhindar dari jamur. Baca juga artikel lainnya mengenai Cara merawat harddisk eksternal.