Tips Merawat Laptop agar Awet

By Categories : Tips

Tips merawat laptop merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan oleh para penggunannya, Hal ini bertujuan untuk menjaga agar laptop tetap awet meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun banyak juga kalangan pengguna yang tidak memperhatikan perawatan, akibatnya laptop mengalami cepat panas yang dapat menimulkan resiko kerusakan pada hardware. Dengan perawatan yang benar dapat membantu Anda dalam menghemat dana.

Bayangkan saja jika sampai mengganti salah satu hardware yang bermasalah tentu akan mengeluarkan dana yang cukup banyak. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan perawatan yang benar. Nah maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, silahkan lakukan beberapa tips di bawah ini!

Tips Merawat Laptop agar Awet

Tips Merawat Laptop agar Awet

Hindari Getaran dari Gelombang Elektromagnetik

Tips yang satu ini perlu Anda perhatikan, jika tidak ingin laptop Anda bermasalah. Jauhkan laptop Anda dari alat yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik misal seperti pengeras suara, kulkas, ponsel, serta sumber gelombang lainnya. Ini dikarenakan medan magnet yang ada pada benda-benda tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari laptop terutama pada sound laptop, akibatnya suara laptop jadi tidak jelas bahkan dapat memicu kerusakan. Baca Juga Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Jauhkan Pengoperasian Laptop dari Ruangan dengan Suhu Panas

Tips merawat laptop agar awet yang berikutnya adalah dengan cara menghindari pengoperasian dalam jangka waktu yang lama di dalam ruang yang temperatur suhunya panas. Suhu yang panas dapat mengakibatkan komponen pada laptop mengalami kepanasan yang berlebih, akibatnya dapat memicu kerusakan hardware di dalamnya. Walaupun terpaksa untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan bantuan cooling pad, yang perlu diingat jangan terlalu berlebihan saat menggunakannya.

Jangan Gunakan Laptop di atas Kasur

Banyak orang yang masih menggunakan laptop di atas, tanpa mengetahui akibat yang ditimbulkan. Penggunaan laptop di atas kasur dapat menyebabkan panas yang berlebih di dalam laptop. Hal ini dikarenakan panas yang ada di dalam laptop tidak dapat bersirkulasi dengan baik, akibat kasur yang memiliki bahan yang lembut atau empuk. Oleh sebab itu jika Anda menggunakannya di atas kasur, sebaiknya gunakanlah alas, agar suhu dalam laptop dapat bersirkulasi dengan baik. Baca Juga Cara Menghilangkan Bau Badan

Membersihkan Debu yang Ada dalam Laptop

Pembersihan debu perlu dilakukan mengingat semakin dibiarkan maka debu akan semakin banyak. Meskpiun hal ini terlihat sederhana, namun jika dibiarkan dapat menyebabkan panas yang berlebih pada komponen laptop. Debu yang menumpuk di dalam laptop dapat menyebabkan terganggunya sirkulasi udara. Dalam pembersihannya, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner khusus untuk laptop yang dapat menyedot partikel kecil seperti debu.

Lakukan Defrag dan Pembersihan Aplikasi Secara Berkala

Pembersihan dengan menggunakan aplikasi dapat Anda lakukan agar file sampah setelah pemakaian tidak menumpuk. Pada umumnya file sampah yang akan menumpuk dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Selain itu Anda juga perlu menghapus aplikasi yang jarang untuk digunakan, serta melakukan defragment harddisk. Defrag harddisk bertujuan untuk menata ulang kembali lokasi-lokasi di dalam harddisk agar tertata rapi setelah pemakaian. Proses defrag dapat dilakukan sebaiknya 1 sampai 2 kali dalam sebulan. Anda dapat menggunakan aplikasi eksternal maupun internal bawaan dari Windows.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa tips merawat laptop agar awet yang dapat Anda lakukan. Baca Juga Cara Merawat Baterai Laptop

Loading...