Tips merawat Celana Jeans

By Categories : Tips

Celana jeans merupakan salah satu jenis celana yang menjadi favorit kebanyakan orang. Kebanyakan orang memilih celana jeans untuk bepergian entah wanita, maupun pria. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa menggunakan celana jeans, karena terlihat lebih menawan dan cocok. Selain itu celana jeans juga cocok dipadukan dengan bahan lainnya di segala keadaan, entah yang bersifat resmi ataupun bebas.

Bagi Anda yang memiliki celana jeans dengan merk terkenal yang tentunya memiliki harga yang mahal maka perlu untuk memperhatikannya agar selalu terjaga. Pada umumnya untuk celana jeans yang bermerk tentu memiliki kualitas yang baik dibandingkan yang biasa. Meskipun begitu entah bermerk atau biasa, alangkah baiknya jika mengetahui bagaimana cara mencuci yang baik? Nah di bawah ini tips merawat celana jeans yang benar!

tips merawat celana jeans

Tips Merawat Celana Jeans

Membalik Celana Jeans Ketika Mencucinya

Ketika Anda mencucinya sebaiknya baliklah terlebih dahulu celana jeans Anda. Bersihkan terlebih dahulu bagian dalam celana jeans Anda, kemudian barulah diikuti dengan celana jeans bagian luar. Ini bertujuan untuk membantu mencegah pemudaran warna pada celana jeans. Jika terdapat noda, gosoklah dengan tangan, atau dengan menggunakan sikat yang memiliki bulu yang halus.

Hindari Deterjen yang Mengandung Pemutih

Deterjen digunakan untuk menghilangkan noda, serta kotoran yang menempel pada celana jeans. Usahakan ketika menggunakan deterjen, pilihlah deterjen yang tidak mengandung pemutih. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa dengan adanya pemutih dapat merusak bahan celana jeans, sehingga aka melunturkan warna yang ada. Selain itu ketika Anda mencuci, gunakanlah deterjen secukupnya saja, agar bahan dari celana jeans tidak rusak.

Cuci Menggunakan Tangan

Semua jenis celana jeans memang lebih baik ketika mencucinya dengan cara manual seperti menguceknya dengan tangan. Cara ini dilakukan lebih baik dibandingkan menggunakan sikat yang dapat merusak permukaan celana jeans. Meskipun Anda harus menggunakan sikat, maka pilihlah sikat yang memiliki permukaan halus untuk mengurangi resiko rusaknya celana jeans.

Menjemur di Tempat yang Teduh

Tips merawat celana jeans yang berikutnya adalah hindarkan celana jeans dengan terik sinar matahari secara langsung. Terkena sinar matahari secara langsung justru akan merusak kualitas warna dari celana jeans. Oleh sebab itu Anda perlu menempatkan celana jeans di tempat yang tidak terkena langsung cahaya matahari. Namun terdapat cara lain yaitu dengan cara membaliknya ketika menjemurnya.

Rendam dengan Menggunakan Larutan Garam

Agar warna lebih awet, Anda dapat menggunakan larutan garam dalam rendaman sebelum dicuci. Seperti yang kita ketahui bahwa garam merupakan salah satu bahan pengawet alami. Memanfaatkan garam sudah lama digunakan untuk menjaga warna dari celana jeans. Gunakanlah 2 sendok garam ke dalam air untuk merendam 1 celana jeans sebelum dicuci. Rendam selama kurang lebih 1 jam, dan kemudian bilas dengan menggunakan air dingin terlebih dahulu.

Demikianlah pembahasan mengenai tips merawat celana jeans yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menjaga celana agar tetap awet dengan warna yang tidak mudah pudar.