Tips Merawat Burung Love Bird bagi Pemula

By Categories : Tips

Love Bird merupakan salah satu jenis burung hias yang sampai saat ini masih banyak diminati banyak penggemar burung hias. Selain burung Kenari, keberadaan burung Love Bird masih layak diperhitungkan sebagai salah satu burung hias yang sampai saat ini masih populer. Burung yang memiliki ciri khas warna pada tubuhnya saat ini sudah banyak diternakkan oleh peternak dan para pecinta burung kicau.

Seperti halnya dengan burung Kenari, burung Love Bird juga banyak dijadikan sebagai burung kicau di suatu perlombaan. Burung yang memiiki suara cukup kencang dan merdu ini juga sering dijadikan sebagai masteran jenis burung lainnya. Burung Love Bird cenderung mudah untuk dipelihara, karena burung ini sangat mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungan.

Burung Love Bird

Meskipun begitu burung Love Bird juga sangat mudah mengalami stress jika salah dalam memeliharanya. Akibat dari burung sedang stress di antaranya seperti nafsu makan berkurang sampai dengan tidak mau berkicau. Nah bagi Anda yang baru ingin merawat burung dengan warna bulu bervariasi tersebut, di bawah ini terdapat beberapa tips merawat burung Love Bird bagi pemula.

Berikut Tips Merawat Burung Love Bird bagi Pemula

Perhatikan kebersihan kandang. Seperti merawat burung lainnya, untuk merawat burung jenis Love Bird Anda perlu memperhatikan kebersihan kandang. Dengan kandang yang terjaga akan kebersihan dapat menghindarkan burung dari ancaman berbagai penyakit yang disebabkan oleh jamur ataupun bakteri. Untuk proses pembersihan dapat dilakukan secara rutin satu hari sekali. Menjaga kebersihan kandang meliputi pembersihan tempat makan, dan pembersihan tempat minum.

Selain menjaga kebersihan kandang, hal yang perlu Anda lakukan adalah menjemur burung kenari di jam-jam tertentu. Untuk menjemur burung kenari dapat dilakukan dalam kurun waktu 1 sampai 2 jam saja mulai pukul 8 sampai dengan pukul 10 pagi. Setelah dijemur di bawah sinar matahari pagi, burung Love Bird diangin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih selama 10 sampai 15 menit saja.

Memandikan burung Love Bird. Untuk memandikan burung Love Bird cukup dengan disemprot dengan spray yang berisi air. Untuk proses penyemprotan burung dilakukan pada pukul 7 sebelum berjemur. Lakukan penyemprotan spray setiap harinya.

Makanan yang diberikan untuk Love Bird. Untuk masalah makanan Anda dapat memberikan makanan berupa jagung muda, biji-bijian, aneka sayuran hijau, ataupun makanan khusus untuk burung Love Bird yang bisa langsung dibeli dari toko penjual makanan khusus burung. Pada dasarnya makanan khusus untuk Love Bird sudah tercampur dengan aneka nutrisi untuk burung yang membuat Anda tak perlu meracik lagi.

Pemberian vitamin pada burung Love Bird juga perlu diberikan, hal ini berguna untuk membuat si burung lebih prima dan tentunya lebih memiliki suara yang kencang. Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips merawat burung Love Bird untuk pemula. Jangan lupa untuk mengkerudung kandang Love Bird ketika menjelang malam. Adapun fungsi kerudung kandang untuk menghindarkan dari serangan gigitan nyamuk.

terms: burung, memelihara lovebird bagi pemula, cara memelihara lovebird bagi pemula, cara merawat lovebird bagi pemula, cara merawat love bird untuk pemula