Tips Merawat Batu Akik Agar Selalu Mengkilap

By Categories : Umum

Siapa yang tidak mengenal batu akik? Biasanya batu akik sering dipakai untuk bahan perhiasan seperti cincin, anting dan juga kalung. Memiliki koleksi batu akik merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Seperti yang Anda ketahui, semakin hari peminat dari batu akik semakin meningkat. Namun, seperti apapun mahalnya batu akik tersebut pastinya sudah tidak cantik lagi jika warnanya tidak mengkilap. Baca juga Batu akik yang paling banyak dicari.

Jika seseorang yang memiliki budget lebih tentunya ia akan menghabiskan uangnya untuk membeli akik yang baru untuk menggantikan akik yang lama. Lantas bagaimana jika seseorang yang minim uang namun ingin tetap memiliki akik yang mengkilap? Berikut adalah tips merawat batu akik agar selalu mengkilap!

Tips Merawat Batu Akik

Tips Merawat Batu Akik yang Perlu Anda Coba

Mengenali Jenis Akik

Tahukah Anda salah satu penyebab berkurangnya keindahan batu akik adalah sering terkena paparan sinar matahari hingga terkontaminasi debu? Maka dari itu Anda harus mengetahui beberapa jenis batu akik yang tidak tahan dengan suhu yang panas. Jika Anda memiliki jenis batu yang tidak tahan dengan suhu panas sebaiknya hindari dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Hal ini bertujuan agar warna batu akik Anda tidak cepat berubah.

Bersihkan Secara Teratur

Tips merawat batu akaik yang kedua adalah dengan cara membersihkan batu akik secara teratur. Hal ini merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang memiliki batu akik. Karena kurangnya perhatian pada batu akik akan menyebabkan pudarnya warna pada batu akik tersebut. Sebaiknya bersihkanlah batu akik tersebut secara rutin agar debu dan cairan tertentu yang menempel pada batu tidak mempengaruhi kualitas warna dari batu tersebut.

Menggosok Batu Akik

Tips yang selanjutnya adalah dengan cara menggosok batu akik. Meskipun sudah membersihkannya secara teratur, jika tidak dimbangi dengan menggosoknya ini akan membuat batu akik masih tidak mengkilap. Untuk menggosok batu akik, Anda dapat menggunakan beberapa alat dan bahan seperti, abu rokok, daun pisang kering, alumunium dan juga kain. Tak hanya itu, Anda juga dapat merendam batu akik dengan menggunakan air kelapa. Faktanya, air kelapa dapat membuat warna batu akik lebih tua dan tentunya lebih mengkilap.

Pilih Penyimpanan yang Baik

Tips merawat batu akik yang terakhir adalah media penyimpanan. Setelah digunakan sebaiknya simpanlah batu akik pada tempat khusus yang nyaman. Untuk menyimpan batu akik Anda dapat membeli kotak khusus yang memiliki bahan lembut. Sehingga pada saat disimpan batu akik tidak akan tergores dan tentunya hal ini akan membuat tatanan batu Anda menjadi semakin rapi.

Selain cara di atas, Anda dapat memoles batu akik dengan menggunakan mesin poles. Menggunakan mesin, lebih efektif dibandingkan dengan menggosok manual dan tentunya hasilnya pun lebih mengkilap saat menggunakan mesin poles. Nah itulah beberapa tips merawat batu akik agar selalu mengkilap. Baca juga Produk Indonesia yang mendunia.