Tips Merawat Batu Akik Agar Mengkilat

By Categories : Tips

Saat ini tren batu akik tengah booming di kalangan masyarakat, mulai usia muda sampai dengan usia tua menyukai batu yang berasal dari alam. Batu akik memang menjadi pesona tersendiri bagi kalangan masyarakat. Dengan beragam jenis batu menjadikan batu akik memiliki harga yang bervariasi. Harga yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu sampai dengan puluhan juta.

Tak heran jika banyak orang mengkoleksi batu akik hanya untuk sekedar hobi dan untuk digunakan. Agar tetap memiliki kualitas tinggi, batu akik memerlukan cara perawatan yang benar. Nah untuk itu sebaiknya Anda perlu mengetahui bagaimana saja tips merawat batu akik agar tetap mengkilat. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Tips Merawat Batu Akik

Berikut Tips Merawat Batu Akik yang Perlu Anda Ketahui

Membersihkan Batu Akik dengan Menggunakan Kain Lembut

Tips merawat batu akik yang pertama adalah dengan menggunakan kain lembut. Ketika membersihkan batu akik, usahakan untuk merawatnya dengan menggunakan kain yang memiliki permukaan lembut. Anda dapat menggunakan kain panel yang memiliki permukaan halus, selain itu juga bisa menggunakan kanebo yang sudah diberi sedikit air. Hal ini bertujuan untuk menghindari goresan pada batu akik.

Menghindari Tempat Panas

Menghindari tempat dengan suhu yang panas menjadi tips jitu lainnya untuk merawat batu akik. Terdapat beberapa jenis batu akik yang dapat rusak jika terpapar oleh suhu panas. Oleh sebab itu hindari batu akik di suhu yang panas saat menyimpannya. Suhu panas dapat mengurangi intensitas warna pada batu akik, yang memungkinkan warna akan memudar.

Anda dapat Mengolesi dengan Minyak Zaitun

Selain digunakan untuk menjaga kesehatan bibir, minyak zaitun juga bisa juga digunakan untuk perawatan pada batu akik. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan kain panel sebagai media untuk mengelap. Oleskan sedikit minyak zaitun kemudian gosok dengan menggunakan kain panel. Namun yang perlu diingat adalah memastikan bahwa tidak ada partikel kecil yang menempel. Partikel kecil yang menempel dapat membuat batu akik lecet.

Melepaskan Batu Akik Saat Mandi dan Tidur

Tips merawat batu akik  yang satu ini juga diperlukan agar batu akik tetap mengkilat dan tidak rusak. Ketika mandi atau tidur sebaiknya batu akik dilepaskan dan kemudian ditaruh ditempatnya. Hal ini berguna untuk menghindari warna batu akik agar tidak kusam, serta agar tidak rusak akibat dibawa saat tidur.

Menjauhkan Batu Akik dari Parfum

Tips terakhir yang bisa Anda ketahui adalah dengan menjauhkan dari parfum dan bahan kimia lainnya. Bahan-bahan kimia seperti parfum dapat membuat permukaan pada batu akik menjadi kusam. Akibatnya adalah batu akik menjadi kurang menarik, sehingga akan mengurangi nilai jual batu tersebut. Selain menjauhkan dari parfum dan bahan kimia lainnya, pastikan Anda tidak mencuci batu akik dengan bahan kimia.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips merawat batu akik agar tetap mengkilat. Baca juga artikel mengenai Cara merawat jam tangan.

Loading...