Tips Menjaga Kesehatan Saat Datang Bulan

By Categories : Wanita

Datang bulan atau menstruasi adalah hal umum yang rutin terjadi pada wanita yang masih produktif setiap bulannya. Namun setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang teratur setiap bulannya, ada juga yang tidak teratur setiap bulannya. Seseorang yang mengalami menstruasi, biasanya akan mengalami kondisi yang tidak nyaman salah satunya adalah nyeri pada bagian perut. Hal ini tentunya sangat mengganggu Anda. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah kurangnya berolahraga, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol dan juga stres.

Tak hanya itu, saat datang bulan pastinya ini akan membuat wanita tidak nyaman untuk beraktivitas. Jika tidak segera di atasi, hal tersebut dapat memicu tumbuhnya berbagai macam bakteri dan juga jamur. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah tips menjaga kesehatan saat datang bulan agar tetap sehat.

Menjaga Kesehatan Saat Datang Bulan

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Saat Datang Bulan

Olahraga Rutin

Tips menjaga kesehatan saat datang bulan yang pertama adalah dengan olahraga. Biasanya seorang perempuan yang sedang mengalami menstruasi lebih senang untuk tidak melakukan pekerjaan apapun. Hal ini karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan saat menstruasi sering kali menyerangnya. Namun tahukah Anda olahraga akan memberikan efek positif pada tubuh Anda? Selain menyehatkan, olahraga yang dilakukan saat menstruasi sangat bermanfaat untuk melemaskan otot-otot tubuh dan juga dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Mengosumsi Makanan Sehat

Ketika Anda sedang menstruasi, pilihlah makanan sehat yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi. beberapa makanan sehat yang Anda konsumsi dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan metabolisme Anda. Ada beberapa makanan sehat yang wajib Anda konsumsi ketika menstruasi yaitu sayuran hijau, ikan, telur rebus, susu kedelai serta tahu dan juga tempe. Makanan tersebut dapat mengatasi beberapa masalah saat menstruasi seperti menstabilkan hormon dalam tubuh, mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dan juga melancarkan menstruasi. Baca juga Makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Ganti Pembalut Dengan Teratur

Tips menjaga kesehatan saat datang bulan selanjutnya adalah mengganti pembalut dengan rutin. Seperti yang Anda ketahui seseorang yang mengalami menstruasi pasti akan mengalami rasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena penggunaan pembalut dalam yang tidak tepat. Pilihlah pembalut yang dapat menyerap dengan sempurna. Tak hanya itu, sebaiknya Anda juga harus mengganti pembalut yang Anda gunakan minimal 2-3 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan agar tidak ada jamur dan juga bakteri jahat yang dapat menyerang. Sedangkan untuk celana dalam, pastikan Anda menggunakan celana dalam berbahan katun agar pertukaran udara menjadi lancar.

Basuh Dengan Cara Tepat

Untuk membersihkannya sebaiknya basuhlah dari arah depan ke belakang. Hindari membasuh dari belakang ke depan. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan bakteri. Untuk sabun, sebaiknya pilihlah sabun yang memiliki bahan ringan tanpa pewangi dan bahan kimia.

Nah itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat datang bulan yang dapat Anda lakukan.

terms: cara merawat tubuh sa, jaga kesehatan saat pms, menjaga kesehatan ketika menstruasi, menjaga kesehatan waktu haid, tips menjaga kesehatan pada waktu menstruasi