Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

By Categories : Tips

Mata merupakan salah satu organ tubuh kita yang sangat penting untuk dijaga. Karena dengan mata kita dapat melihat keindahan dunia dan juga melihat orang-orang yang kita sayang. Mengingat betapa pentingnya fungsi mata bagi kehidupan kita. Jika tidak, mata akan mengalami gangguan kesehatan seperti, mata minus, katarak, rabun jauh, rabun dekat dan juga masalah mata yang lainnya. Maka dari itu sangat penting  untuk menjaga dan merawat mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Kali ini saya akan menjelaskan apa saja tips menjaga kesehatan mata agar tetap sehat. Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini!

Cara menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Tips yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Seperti yang kita ketahui vitamin A sangat baik untuk merawat dan juga menjaga kesehatan mata. Anda dapat memperoleh sumber vitamin A dari wortel, tomat dan juga buah serta sayur yang lain. Selain vitamin A, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak mata. Baca juga buah vitamin C bagi tubuh.

Hindari menatap layar komputer terlalu lama

Tips yang kedua adalah dengan cara menghindari menatap layar komputer atau laptop terlalu lama. Mengapa demikian? Karena sinar radiasi pada layar komputer atau laptop dapat memperburuk kesehatan mata Anda. Jika memang pekerjaan mengharuskan Anda untuk menatap layar tersebut, sebaiknya Anda menerapkan sistem 20-20-20 yang berarti mengarahkan pandangan 20 meter setiap 20 menit dan beristihat sejenak selama 20 detik.

Hindari mengucek mata

Tips tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan cara menghindari kebiasaan buruk yang dapat menyakiti mata seperti menguceknya. Biasanya saat terkena debu, kita ingin segera mengucekknya agar tidak perih di mata. Namun sebaiknya Anda menghindari hal ini, karena mengucek mata dapat mengiritasi dan menginfeksi organ mata Anda.

Pemerikasaan mata secara rutin

Pemeriksaan mata secara rutin adalah hal yang jarang dilakukan oleh sebagian banyak orang. Namun sebaiknya Anda mulai melakukan hal ini paling tidak dalam jangka waktu satu tahun sekali. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendeteksi gangguan mata sedini mungkin dan agar mudah untuk segera diatasi.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata. Selain hal tersebut Anda juga harus memakai pelindung mata dan menggunakan tetes mata. Mulailah untuk melakukan tips di atas untuk merawat dan menjaga mata Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait lainnya vitamin yang dapat membuat kulit sehat dan segar.

Loading...