Tips Menjaga Kesehatan Hati

By Categories : Kesehatan

Hati merupakan salah satu organ dalam tubuh yang berperan penting untuk membantu melengkapi kinerja dari organ lainnya. Jika hati mengalami gangguan atau kerusakan maka fungsi dari hati tidak berjalan dengan normal, akibatnya muncullah berbagai gangguan penyakit yang timbul. Oleh sebab itu Anda perlu membuat organ hati Anda tetap sehat. Berbagai perawatan untuk menjaga kesehatan hati memang tidaklah sulit. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan hati yang dapat Anda jadikan sebagai referensi!

tips menjaga kesehatan hati

Tips Menjaga Kesehatan Hati

Minum Air Lemon

Hati merupakan organ dalam tubuh yang berfungsi sebagai pembasmi racun yang dapat menyebar ke tubuh melalui makanan. Untuk membantu proses tersebut, Anda dapat minum air lemon. Dengan kombinasi air putih, dan perasan air lemon maka kandungan asam sitrat pada lemon akan membantu proses kinerja empedu untuk mengeluarkan racun. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebih untuk minum air lemon.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau untuk membantu menjaga kesehatan hati. Sayuran tersebut yang dimaksud adalah brokoli, bawang, bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Sayuran-sayuran tersebut memiliki kemampuan dalam menteralkan racun di dalam tubuh.

Berhenti untuk Mengonsumsi Alkohol

Kita semua tentu mengetahui bahwa minuman yang beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk organ-organ tubuh. Pada umumnya minuman yang mengandung alkohol dapat merusak organ tubuh, meskipun dalam jangkau waktu tertentu. Salah satu efek negatif dari minuman beralkohol adalah dapat memicu kerusakan pada organ hati. Ini dikarenakan minuman beralkohol akan berubah menjadi partikel racun, sehingga hati akan bekerja lebih keras. Akibatnya organ hati akan melemah, yang mengakibatkan kerusakan lebih cepat.

Minum Teh Hijau

Tips menjaga kesehatan hati yang berikutnya adalah dengan cara minum teh hijau. Teh herbal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tips yang satu ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan hati. Ini dikarenakan kandungan di dalam teh hijau seperti zat katekin yang mampu meningkatkan fungsi hati, sehingga organ hati dapat bekerja semakin optimal. Baca juga artikel Mempercepat Kinerja Android

Mengonsumsi Buah Anggur

Buah anggur kaya akan antioksidan unik yang tidak dimiliki buah lainnya. Kita tentu mengetahui bahwa antioksidan berperan membantu dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Radikal bebas dapat berasal dari mana saja salah satunya adalah polusi udara. Oleh sebab itu Anda perlu mengonsumsi buah anggur untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasanya orang mengonsumsi langsung dari buah anggur, atau dijadikan sebagai jus.

Pijat

Pijat menjadi salah satu alternatif seseorang ketika tubuh mengalami kelelahan agar lebih segar kembali. Dengan pijatan lembut pada dearah hati, serta kantung empedu dapat berguna membantu proses sirkulasi darah menuju ke hati. Hasilnya adalah kinerja dari hati semakin maksimal dan optimal. Oleh sebab itu jangan ragu untuk pijat ketika tubuh sudah lelah.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai tips menjaga kesehatan hati yang dapat Anda jadikan sebagai referensi, selain tips di atas adalah jangan lupa untuk melakukan olahraga. Baca juga Minum Air Putih

Loading...