Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

By Categories : Kesehatan

Kesehatan menjadi hartayang tak ternilai harganya bagi manusia. Hal tersebut dapat kita rasakan ketika jatuh sakit. Sebab jika kita sakit tentunya akan membuang-buang waktu dan mengeluarkan biaya. Semua orang tentu tidak ingin jatuh sakit. Oleh sebab itu dengan menjaga kesehatan tubuh merupakan cara terbaik untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Di Indonesia banyak penderita penyakit jantung, diabetes, stroke, ginjal, dan lain sebagainya. Biasanya masyarakat tidak menyadari betapa pentingnya hidup sehat. Pada pembahasan kali ini membicarakan mengenai salah satu organ penting tubuh yaitu ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh yang mempunyai peranan penting yaitu mengatur keseimbangan asam-basa, mengatur tekanan darah, merangsang sum-sum tulang untuk memproduksi sel darah merah, serta membantu menjaga kalsium untuk tulang. Lalu bagaimana tips menjaga kesehatan ginjal? Langsung saja berikut adalah ulasannya.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal dan Makanan Terbaik yang Perlu Dikonsumsi

Menjauhi Segala Alkohol

Tips menjaga kesehatan ginjal yang pertama adalah dengan menjauhi minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dalam jangkau waktu lama, jika ginjal sudah bermasalah maka akan susah untuk disembuhkan. Cara sehat dalam menjaga ginjal, menjauhi minuman beralkohol. Minuman beralkohol menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh yang berakibat pada gangguan ginjal.

Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih sehat minimal 8 gelas sehari, dengan diawali minum air putih saat bangun tidur (Baca Juga Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan). Air putih memang terlihat sepele, namun asal Anda ketahui bahwa air putih ini mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh salah satunya adalah merawat dan menjaga kesehatan organ ginjal.

Menghindari Obat Antibiotik serta Anti Nyeri

Usahakan untuk menghindari obat-obatan seperti antibiotik dan anti nyeri jika tidak pada waktunya. Hal ini dikarenakan obat-obatan tersebut dapat merusak ginjal Anda dalam jangka waktu panjang. Alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai penggunaan obat tersebut kepada dokter atau puskesmas sebelum meminumnya.

Olahraga yang Teratur dan Hindari Merokok

Olahraga adalah cara mudah berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Dengan olahraga banyak manfaat untuk tubuh seperti menjaga kebugaran tubuh, menjaga stamina, menambah daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi. Lakukanlah olahraga seperti jalan kaki di pagi hari, lari pagi, senam, dan olahraga lainnya.

Mengatur Pola Makan Sehat

Tips menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah dengan mengatur pola makan sehat. Tips ampuh ini dapat menjaga dan merawat tubuh Anda termasuk kesehatan ginjal. Pilihlah makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menjaga kesehatan badan serta organ ginjal. Usahakan untuk mengurangi makanan cepat saji, kurangi konsumsi kadar garam yang tinggi, serta mengkonsumsi ikan atau daging tanpa lemak.

Berikut Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal

Perlu Anda ketahui jika penyakit ginjal sebenarnya dapat dicegah, yaitu dengan asupan makanan agar kinerja ginjal menjadi maksimal. Makanan yang perlu dikonsumi juga sangat mudah didapat karena berada di sekitar kita. Untuk harganyapun cukup terjangkau. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi.

 

Berries

Yang termasuk buah berries adalah blueberry, strawberry, dan cranberry. Dan buah yang paling sering dikonsumsi adalah strawberry. Namun perlu Anda ketahui jika buah-buahan tersebut mampu menjaga kesehatan ginjal. Buah berries mengadung anti inflamasi sehingga dapat mengurangi terjadinya peradangan dan dapat meningkatkan kerja kandung kemih.

Paprika Merah

Menurut beberapa ahli, paprika merah mampu membatu proses penghancuran limbah yang berada di dalam tubuh. Penyakit ginjal salah satunya disebabkan karena limbah yang tersisa di dalam tubuh terus menumpuk. Sehingga Anda disarankan untuk mengonsumsi paprika merah.

Putih Telur

Tips menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah dengan mengonsumsi putih telur. Saat tubuh Anda kekurangan kadar protein dan fosfor maka dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun dan bermasalah. Sehingga untuk mencegah hal tersebut Anda dapat mengonsumsi putih telur. Namun perlu diingat sebisa mungkin bagian kuning telur tidak ikut dikonsumsi.

Kembang Kol

Sayuran yang satu ini memiliki banyak manfa at, salah satuya adalah memiliki kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal seperti kandungan indole, thiocyanate, dan glucosinolate. Kandungan tersebut mampu membersihkan berbaga macam racun yang berada di dalam tubuh.

Kecambah

Bagi Anda yang memiliki masalah ginjal disarankan untuk mengonsumsi kecambah mentah. Hal ini karena kecambah mentah jauh lebih baik dikonsumsi dibanding yang sudah dimasak. Kandungan pada kecambah mampu membersihkan ginjal serta mencegah terjadi batu ginjal.

Ikan

Ikan mengandung lemak omega3  sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Kandungan tersebut bersifat anti inflamasi dan memiliki banyak kandungan protein untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Beberapa ikan yang baik untuk kesehatan ginjal adalah ikan salmon, tuna, dan hering.

Nah itulah pembahasan mengenai tips menjaga kesehatan ginjal agar ginjal Anda sehat dan terjaga. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Resep Sukses Berwirausaha