Tips Menjadi Penulis Lepas Online

By Categories : Tips

Menjadi penulis lepas online merupakan salah satu cara menambah penghasilan yang bisa anda kerjakan di rumah. Dan jika anda menjadi seorang penulis, makan anda juga bisa memiliki kesempatan untuk bisa memengaruhi apa yang orang lain pikirkan ataupun lakukan.tips menjadi penulis lepas online

Tak hanya itu saja, anda juga dapat menyentuh emosi para pembaca atau bahkan bisa mengubah jalan hidupnya. Pada saat ini, banyak orang yang menjadi penulis lepas online. Banyak dari mereka juga yang hasil tulisan mereka juga ingin dipublikasikan di majalah ataupun koran, akan tetapi yang berhasil tidak terlalu banyak juga.

Banyak juga orang yang beranggapan bahwa tulisan mereka yang dimuat, itu merupakan seorang penulis yang hebat ataupun lebih berbakat dari kita. Memang hal tersebut benar apa adanya, tetapi hal tersebut juga merupakan faktor utama. Dan pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai langkah – langkah untuk menjadi penulis lepas online yang baik.

  • Tanyalah kepada diri anda. Hal ini juga sangat dibutuhkan untuk menjadi penulis. Apakah diri anda ingin menjadi penulis atau hanya sekedar menulis ? Dari kedua pertanyaan tersebut, ada perbedaannya, yaitu jika menjadi penulis maka itu adalah angan – angan, sedangkan menulis merupakan kerja keras.
  • Mengasah keahlian anda. Maksud mengasah keahlian yaitu anda selalu berusaha untuk mengembangkan keahlian menulis anda. Mulai dari membaca tulisan – tulisan dari buku maupun media lainnya. selalu pelajar akan apa yang akan anda tulis nanti. Dan yang paling penting, anda juga harus sering – sering untuk menulis, karena dengan menulis anda akan terbiasa dan akan menemukan gaya menulis anda sendiri.
  • Pilihlah secara seksama, topik yang akan anda tulis. Dan pastikan juga apakah artikel yang akan anda tulis nanti sudah sesuai dengan pembaca.
  • Meniru hal – hal yang baik dari seorang penulis terkenal. Anda memang memiliki kelebihan di bidang menulis, namun jika anda menginginkan tulisan anda bisa diterima oleh banyak orang, maka belajarlah dari metode – metode yang biasanya dipakai oleh para penulis lepas.

Tetap fokus dan jangan menyerah. Tulisan anda dikembalikan ? atau di tolak ? itu adalah hal yang wajar. Karena penolakan sendiri merupakan bagian dari proses. Mungkin sangat sedikit dari anda yang bisa menerima kalau tulisan anda ditolak, tetapi tidak sedikit juga orang yang mengira kalau tulisan mereka ditolak berarti merak tidak cocok ataupun tulisannya jelek sehingga putus asa dan tidak menulis lagi. Perlu anda ketahui, bahwa hal tersebut adalah hal yang salah. Karena bukan berarti jika tulisan anda ditolak, kualitas tulisan anda jelek. Mungkin saja tulisan anda sudah pernah di publikasikan sebelumnya karena memiliki topik yang sama, atau bisa juga tulisan anda tidak sesuai dengan topik yang sudah ditentukan karena memang saat ini kita tidak memiliki bakat menulis, tetapi jika kita tetap fokus serta gigih, maka kita akan tetap meraih sebuah

terms: cara menjadi wartawan lepas