Tips Meningkatkan Daya Konsentrasi pada Pikiran

By Categories : Tips

Konsentrasi menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan dalam setiap aktivitas. Dengan konsentrasi maka seseorang dapat lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk hasil yang lebih tinggi dan lebih baik. Namun terkadang sebagian orang juga susah untuk berkonsentrasi karena hal atau sesuatu yang terjadi.

Tips Meningkatkan Daya Konsentrasi

Setiap orang memiliki cara tersendiri agar dapat berkonsentrasi dengan baik. Pada kesempatan kali ini membahas dan memberikan informasi kepada Anda mengenai beberapa tips dalam meningkatkan daya konsentrasi pada pikiran. Dengan begitu maka Anda dapat lebih fokus dalam mengerjakan segala sesuatu dengan baik. Tak perlu panjang lebar, berikut adalah ulasannya.

Berikut Beberapa Tips Meningkatkan Daya Konsentrasi pada Pikiran

Istirahat Sejenak jika Lelah

Otak dan tubuh membutuhkan waktu istirahat setidaknya 5 menit setiap 1 jam dalam melakukan segala aktivitas. Ketika tubuh kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat, hal ini dapat menyebabkan daya fokus yang cenderung berkurang yang mengakibatkan hilangnya konsentrasi pada pikiran. Untuk itu jika Anda sudah bekerja atau melakukan aktivitas dalam jangka waktu lama dengan waktu berjam-jam, alangkah baiknya jika mengambil waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh agar konsentrasi terjaga dengan baik.

Melakukan Meditasi

Melakukan meditasi menjadi tips berikutnya untuk meningkatkan konsentrasi pada pikiran. Cara ini sangat membantu sekali dalam proses konsentrasi serta mengurangi rasa stress ataupun depresi pada pikiran. Dengan meluangkan waktu sejenak untuk bermeditasi dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi serta daya pikir. Bermeditasi bukan untuk mengosongkan pikiran, melainkan untuk memfokusikan pikiran akan hal-hal tertentu.

Luangkan Waktu untuk Sarapan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas seharian. Dengan sarapan sehat membuat tubuh lebih bertenaga dan siap untuk melaksanakan kegiatan seharian. Dengan adanya sumber tenaga yang didapatkan dengan sarapan, maka pikiran juga dapat lebih fokus sehingga daya konsentrasi lebih baik. Oleh sebab itu jangan lupa untuk sarapan di pagi hari. Untuk menu sarapan cukup roti gandum, susu, buah, atau bisa oatmeal.

Penuhi Asupan Lemak Omega-3

Tips meningkatkan daya konsentrasi berikutnya adalah dengan memenuhi asupan tubuh dengan mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 dapat membantu meningkatkan daya ingat yang secara otomatis membuat daya konsentrasi juga meningkat. Ikan yang mengandung omega 3 misalnya seperti ikan salmon, ikan tuna, dan beberapa jenis ikan lainnya.

Luangkan Waktu untuk Liburan

Ketika merasa jenuh akan aktivitas yang menonton terlebih bagi yang sudah bekerja luangkan waktu untuk liburan. Dengan liburan pikiran lebih fresh, sehingga ketika kembali dalam aktivitas seharian, pikiran dapat lebih konsentrasi. Selain itu liburan juga dapat mengurangi stress dan depresi pada pikiran akibat aktivitas selama berjam-jam.

Nah itulah tadi beberapa tips meningkatkan daya konsentrasi pada pikiran yang bisa dicoba. Selain dengan cara tersebut, Anda juga harus mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat otak. Beberapa makanan tersebut adalah sebagai berikut.

Makanan untuk meningkatkan daya ingat otak

  • Ikan berminyak. Beberapa ikan berminyak seperti ikan salmon, sarden, dan makerel mengandung asam lemak omega 3 esensial yang sangat baik untuk tubuh dan mampu menjaga sistem saraf menjadi sehat. Ikan berminyak memiliki kandungan DHA yang tinggi sehingga penting untuk kesehatan tubuh. Menurut para peneliti, seseorang yang memiliki DHA rendah memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer serta kehilangan daya ingat.
  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan sumber antioksidan vitamin E. Sumber vitamin E ini berpotensi mengurangi turunnya kemampuan kognitif seiring bertambahnya usia, serta mencegah daya ingat yang kurang baik. Anda dapat mengonsumsi biji labu karena mampu memberikan dorongan kekuatan otak, serta dapat menyediakan dosis harian zinc yang telah dianjurkan.
  • Blueberry. Buah yang satu ini memiliki tingkat antoksidan yang cukup tinggi serta kemampuan mencegah kerusakan neuron otak serta meningkatkan reseptor komunikasi di sele-sel otak. Buah ini mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh serta meningkatkan ketangkasan mental.
  • Brokoli. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A tersebut mampu meningkatkan fungsi dan kekuatan otak.
  • Biji-bijian. Selain kacang-kacangan, makanan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak adalah biji-bijian. Beberapa biji-bijian diantaranya adalah gandum, quinoa, serta pasta gandum yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi dan mengatur kadar glukosa di dalam darah serta mampu meningkatkan daya konsentrasi Anda. Untuk itu, Anda disarankan sarapan yang mengandung banyak nutrisi dan lengkap. Sarapan mengandung biji-bijian memang sangat penting. Hal ini untuk menjaga metabolisme, menstabilkan kadar gula dan melindungi Anda dari diabetes serta penyakit jantung.

Baca artikel mengenai Cara mendidik anak agar pintar dan cerdas.

Loading...