Tips Mengobati Asam Urat Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang daerah persendian seperti pergelangan tangan, tumit, siku dan juga sendi jari kaki. Asam urat biasanya diderita oleh seseorang yang berusia lanjut namun tidak menutup kemungkinan seorang remaja juga mengalami asam urat karena pola makan yang salah. Seseorang yang menderita asam urat biasanya juga mengidap penyakit yang lain seperti, diabetes, hipertensi atau kolesterol.

Lalu apa penyebab asam urat itu sendiri? Asam urat disebabkan karena penumpukan zat purin yang berlebih pada tubuh. Zat purin itu sendiri biasanya terkandung pada makanan seperti, daging, kacang-kacangan, buah dan juga sayur. Makanan yang telah Anda makan dan masuk ke dalam tubuh, akan diproses  dan sebagai hasil akhirnya akan menghasilkan asam urat.

cara-mengatasi-asam-urat

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kadar asam urat pada tubuhnya. Namun, jika berlebihan, ini akan menumpuk seperti kristal yang menyebabkan persendian terasa nyeri. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Simak tipsnya di bawah ini!

Tips mengobati asam urat secara alami

Minum air putih

Tips yang pertama adalah dengan cara minum air putih secara rutin. Air putihsangat bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme tubuh. Tak hanya itu, air putih juga dapat mengencerkan asam urat. Sehingga ini akan mencegah penumpukan asam urat yang berlebih dalam tubuh.

Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebih adalah salah satu pemicu tubuh terserang berbagai macam penyakit salah satunya yaitu asam urat. Mulailah untuk menjaga berat badan dengan cara olahraga teratur dan makan makanan yang sehat. Tak perlu berolahraga fisik yang terlalu berat.  Anda dapat melakukan olahraga seperti yoga, bersepeda ataupun jalan kaki.

Baca juga makanan yang dapat melangsingkan tubuh.

Mengurangi makanan yang mengandung purin

Seperti yang kami katakan, salah satu penyebab asam urat adalah bertumpuknya zat purin dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung purin seperti jeroan, daging sapi, udang, ayam, kepiting dan juga kambing. Namun Anda jangan khawatir, Anda masih bisa mengimbangi asupan nutrisi dengan mengonsumsi protein murni seperti, susu, ikan tuna, salmon dan juga putih telur.

Menghindari makanan dan minuman manis

Bagi penderita asam urat, sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang manis seperti soda dan jus kemasan. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan yang memiliki kandungan pematis buatan. Karena hal ini akan dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman segar, jus buah atau sayuran alami tanpa pemanis sangat cocok bagi Anda.

Nah, itulah beberapa tips mengobati asam urat secara alami. Asam urat memanglah salah satu penyakit yang berkaitan dengan makanan enak, namun untuk mencegah agar tidak lebih parah sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut.

Baca juga artikel terkait makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi.