Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Bau mulut merupakan suatu kondisi ketika mulut mengeluarkan bau tak sedap. Bau mulut menjadi permasalahan yang patut diperhatikan ketika berada di depan publik. Terdapat berbagai faktor penyebab terjadinya bau mulut diantaranya seperti mengonsumsi petai atau jengkol, kurang menjaga kebersihan mulut, merokok, terdapat gigi berlubang, sariawan dan lain sebagainya. Hal ini tentu dapat mengurangi rasa percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Lalu bagaimana saja cara untuk menghilangkan bau pada mulut dengan cara alami?

Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut menjadi salah satu tips paling ampuh dalam menghilangkan bau mulut. Apalagi bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah faktor makanan. Jadi agar terhindari dari bau mulut tak sedap, alangkah baiknya untuk selalu menjaga dan membersihkan mulut secara teratur. Cara membersihkan mulut untuk menghilangkan bau mulut antara lain dengan menggosok gigi 2x sehari pada bangun tidur, dan juga pada malam hari. Jika diperlukan Anda juga dapat menggosok gigi ketika selesai makan.

Mengurangi Konsumsi Makanan yang Berbau Tak Sedap

Bagi Anda pecinta makanan yang menyebabkan bau tak sedap seperti jengkol, dan juga petai sebaiknya Anda mulai menghindari makanan tersebut ketika akan berada di luar rumah. Makanan-makanan tersebut dapat menimbulkan bau tak sedap pada mulut yang akan mengurangi rasa percaya diri. Anda dapat menggantinya dengan buah atau sayuran lainnya untuk dikonsumsi, mengingat sayur dan buah memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh.

Menghindari dan Berhenti Merokok

Salah satu penyebab bau mulut lainnya adalah dengan merokok. Selain dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam jangkau waktu panjang, ternyata merokok juga dapat menyebabkan masalah bau pada mulut. Oleh karena itu sebaiknya Anda yang masih merokok, usahakan untuk berhenti merokok. Cara untuk berhenti merokok cukup simple yaitu dengan cara mengganti rokok dengan permen karet, permen, atau coklat. Dengan begitu maka Anda dapat menghindari penyakit berbahaya lainnya, dan juga masalah bau pada mulut. Baca Juga Memahami Etika Profesi Hukum Notaris

Memperbanyak Konsumsi Buah

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa bau mulut dapat disebabkan oleh sariawan. Untuk mengatasi sariawan memang dapat dilakukan dengan banyak cara, untuk cara yang mudah adalah dengan memperbanyak mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri dapat mencegah terjadinya sariawan yang menyebabkan bau mulut. Adapula buah yang mengandung vitamin C diantaranya mangga, jeruk, tomat, dan lain sebagainya.

Jangan Lupa untuk Sarapan

Sarapan dapat memberikan tenaga untuk aktivitas seharian. Sarapan pagi juga dapat mencegah timbulnya bau mulut. Hal ini dikarenakan bakteri yang ada di mulut akan mati karena produksi dari air liur akan meningkat dengan sarapan pagi. Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah tetap menghindari makanan penyebab bau mulut seperti petai ataupun jengkol.

Berkumur

Anda juga bisa berkumur untuk membantu mencegah dan menghilangkan bau mulut. Anda dapat berkumur setelah sikat gigi, atau juga saat selesai makan. Berkumur dapat menggunakan rebusan dari daun sirih, air hangat yang sudah tercampur garam, atau juga moutwash (antiseptic untuk membunuh kuman).

Jadi itulah beberapa tips menghilangkan bau mulut yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap. Adapun cara lainnya seperti mengunyah permen karet, atau permen khusus yang ditujukan untuk menghilangkan bau mulut. Baca Juga Artikel Lainnya Makanan yang Bagus Dikonsumsi Waktu Hamil