Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

By Categories : Tips

Melahirkan anak merupakan hal yang ditunggu oleh seorang wanita. Masa kehamilan yang mencapai 9 bulan membuat perut dan pinggul akan berubah dari sebelumnya. Biasanya bagian-bagian tubuh akan cenderung membesar. Hal ini membuat sebagian wanita kurang percaya diri. Namun jika Anda mengetahui beberapa tips mengecilkan perut setelah melahirkan, maka perut yang kendur akan terhindarkan.

Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Berikut cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyusui. Bagi seorang ibu, menyusui adalah hal yang paling tepat untuk menurunkan kalori pada tubuh. Selain dapat mengurangi 5000 kalori, memberikan ASI terhadap bayi juga untuk menjaga asupan gizi untuk bayi agar lebih baik.

Selanjutnya adalah Anda mulai mengurangi porsi makanan. Caranya, Anda dapat makan dengan porsi yang sedikit namun dalam waktu yang sering. Ini merupakan cara yang efektif sebagai tips langsing setelah melahirkan karena Anda akan terhindar dari penumpukan lemak dan kalori yang ada pada tubuh. Jika Anda melakukannya dengan teratur maka berat badan Anda akan mudah terkontrol dengan baik.

Pola hidup sehat sangat penting sebagai tips mengecilkan perut setelah melahirkan. Anda disarankan makan makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan membatasi secara drastis. Ini karena bayi Anda tetap membutuhkan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan menu makanan sehari-hari. Harus ada pengawasan dari orang terdekat, misalnya suami atau keluarga.

Tips mengecilkan perut setelah melahirkan selanjutnya adalah mengonsumsi air putih secara teratur. Air putih mampu membersihkan semua organ dalam tubuh, terutama pada bagian pencernaan. Selain itu, air putih juga bisa mencegah dehidrasi sehingga proses pencernaan akan lebih baik dan dapat melangsingkan tubuh Anda. Mengonsumsi air putih secara rutin mampu menahan rasa lapar dan dapat mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh.

Setelah melahirkan, seorang ibu juga disarankan untuk berolahraga. Pilihlah olahraga ringan seperti senam. Olahraga tersebut mampu mengencangkan otot-otot yang kendor agar kembali kencang. Selain itu Anda dapat melatih otot perut Anda dengan beberapa cara seperti duduk, berdiri, atau berbaring. Caranya adalah Anda hanya perlu menarik perut Anda ke bagian dalam kemudahan tahan hingga beberapa menit.

Yang terakhir untuk tips mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan menggunakan shoulder lift. Anda dapat menggunakan matras kemudian Anda berbaring terlentang. Setelah itu tekuk kaki Anda dan telapak kaki menyentuh lantai. Hembuskan nafas dan kontraksikan otot perut sambil mengangkat kepala dan pundak Anda. Anda bisa mempertahankan posisi ini dalam beberapa detik kemudian kembalik ke posisi awal. Latihan tersebut selain baik untuk mengencangkan otot perut juga bisa sebagai cara mengecilkan pinggang dengan cepat.

Jenis makanan yang baik untuk ibu setelah melahirkan

Asupan makanan sehat sangat penting untuk bayi dan ibu setelah melahirkan. Hal tersebut merupakan pertimbangan pokok agar bayi dan ibu tetap sehat. Sumber makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap berat badan ibu. Sebagai tips mengecilkan perut setelah melahirkan seorang ibu juga harus mengonsumsi makanan yang baik, sehat dan tepat. Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu agar mendapatkan berat badan normal.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung DHA yang berfungsi sebagai perkemabangan sistem saraf bayi. Para peneliti menganjurkan bahawa ibu hamil hanya perlu mengonsumsi ikan salmon sebanyak dua porsi per minggu.

  1. Telur

Telur sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil setelah melahirkan. Hal ini karena telur mengandung banyak protein yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Selain itu, telur juga sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga memiliki peran penting untuk meningkatkan ASI. Selain itu, dengan mengonsumsi kacang-kacangan maka tubuh akan mudah kembali normal terutama pada bagian perut.  Hal ini karena kacang-kacangan baik untuk diet setelah melahirkan. Kacang-kacangan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi adalah kacang hitam dan kacang merah.

  1. Blueberry

Buah ini mengandung banyak vitamin , serat,  dan mineral. Blueberry juga memiliki kandungan karbohidrat yang mempu menjaga energi ibu setelah melahirkan. Menurut para ahli gizi, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah blueberry setiap hari.

  1. Beras merah

Kandungan karbohidrat pada beras merah berguna untuk meningkatkan energi harian Anda. Selain itu, gula darah mampu mengontrol gula darah dalam tubuh. Beras merah sangat tepat digunakan sebagai cara atau tips mengecilakan perut setelah melahirkan.

  1. Sayur-sayuran hijau

Seperti yang kita ketahui jika sayuran hijau sangat baik untuk tubuh. Bagi ibu setelah melahirkan sayuran hijau sangat dianjurkan setiap hari karena banyak mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung kalsium, vitamin C, zat besi, dan sangat rendah kalori. Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.