Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

By Categories : Pendidikan

Saat ini kehadiran gadget di tengah kehidupan masyarakat memang tidak bisa dihindarkan. Ini ditambah lagi dengan hadirnya smartphone murah dan berkualitas di pasaran. Kehadiran dari gadget ini perlu diwaspadai bagi para orang tua kepada anaknya. Karena ketika anak sudah mengalami kecanduan akan gadget maka susah untuk dihilangkan. Saat ini hampir setiap anak sudah menggunakan gadget dengan teknologi canggih di dalamnya. Akibatnya adalah anak-anak sering lupa akan waktu ketika bermain gadget. Menggunakan gadget pada anak boleh saja, asal terdapat waktu untuk membatasi dalam penggunaannya. Terdapat banyak resiko yang ditimbulkan dari bermain gadget terlalu lama seperti kepribadian yang berubah seiring waktu, mata menjadi minus, dan banyak lagi. Pertanyaannya lalu bagaimana tips mengatasi kecanduan gadget tersebut pada anak? Simak ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Berikut Adalah Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Menghabiskan Waktu untuk Anak

Tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang pertama adalah menghabiskan waktu bersama anak. Bagi orang tua menghabiskan waktu bersama anak sangatlah penting. Menghabiskan waktu bersama anak bisa dilakukan dengan cara mengajak sang anak pergi berwisata, atau juga mengajak anak untuk memasak kue. Terdapat banyak kegiatan unuk anak yang menghilangkan kecanduannya pada gadget sedikit demi sedikit. Namun jangan lupa untuk mengajarkan anak pentingnya teknologi bagi kehidupan. Baca juga Mengenal pendidikan anak saat belajar.

Membuat Daftar Batasan Waktu

Tips berikutnya adalah membuat daftar batasan waktu dalam menggunakan gadget. Menggunakan gadget untuk anak memang boleh-boleh saja asalkan memiliki waktu tertentu yang tidak mengganggu aktivitas belajar dan tidak menyebabkan sang anak menjadi kecanduan. Sebagai orang tua harus mengingatkan pada anak ketika mereka terlalu lama untuk bermain gadget. Selain itu orang tua juga bisa membuat daftar batasan waktu terhadap anak ketika mereka sedang bermain gadget.

Tidak Memberikan Dahulu Gadget ketika Anak Masih Terlalu Dini

Tips yang satu ini juga sangat penting dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak. Gadget memang tidak ditujukan untuk anak kecil, karena ketika mereka sudah lama mengenal gadget maka susah untuk dipisahkan. Oleh karena itu sebagai orang tua jangan memberikan hak langsung pada anak, melainkan hanya mengenalkan terlebih dahulu dengan batasan waktu seperti tips di atas. Untuk anak usia dini bisa diberikan mainan berupa boneka  (untuk anak perempuan), bola, dan juga mainan lainnya.

Ajak Anak dengan Kegiatan di Luar

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh para orangtua adalah melarang sang anak untuk memiliki aktivitas bermain di luar. Ketika anak jarang bermain dengan teman-temannya, anak tersebut cenderung menjadi pribadi yang kurang aktif, sehingga menjadikan gadget sebagai maianan utama mereka. Oleh sebab itu sebaiknya orang tua memberikan waktu untuk kegiatan luar bersama dengan teman seusianya. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap mengawasi dan memperhatikan lingkungan bermainnya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang bisa Anda ketahui.

Baca juga Pentingnya pendidikan bagi manusia.

Loading...