Tips Mengatasi Android Cepat Panas

By Categories : Tips

Ponsel Android sampai saat ini masih menjadi salah satu ponsel dengan pengguna terbanyak di dunia. Meskipun persaingan semakin ketat, tetapi pengguna Android termasuk paling banyak di dunia. Sistem operasi besutan Google ini sangat populer berkat kemudahan yang diberikan seperti tersedianya berbagai macam aplikasi gratis sampai dengan sifat open source yang menjadi ciri khas OS Android.

Tips Mengatasi Android Cepat Panas

Selain itu para pengguna lebih dapat memilih perangkat dengan harga yang bervariasi dari kelas low end sampai dengan kelas high end. Namun seiring dengan kemudahan dalam penggunaan ternyata perangkat Android juga memiliki beberapa permasalahan yang harus diperhatikan. Permasalahan tersebut seperti baterai yang cepat habis, sampai dengan perangkat Android cepat panas. Nah pada pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa tips mengatasi android cepat panas.

Berikut Tips Mengatasi Android Cepat Panas

  • Perhatikan Kekuatan Jaringan pada Ponsel Anda

Salah satu tips mengatasi Android cepat panas adalah dengan memperhatikan kekuatan jaringan pada ponsel Android Anda. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi resiko ponsel cepat panas. Oleh sebab itu ketika ponsel Anda sulit untuk mendapatkan jaringan, alangkah baiknya jika menggunakan mode pesawat saja. Ini dikarenakan ponsel Android Anda akan berusaha untuk mendapatkan sinyal lebih keras, sehingga akan mengalami cepat panas.

  • Aplikasi yang Berjalan pada Background

Pada dasarnya ponsel Android ketika digunakan untuk membuka aplikasi dan setelah digunakan tidak langsung menutup melainkan akan tetap aktif pada background. Hal ini yang dapat menyebabkan ponsel mengalami cepat panas. Untuk itu Anda perlu melakukan task killer untuk menutup aplikasi yang berjalan pada background. Lakukan hal ini setelah Anda membuka banyak aplikasi.

  • Kurangi Penggunaan Terlalu Lama

Tips mengatasi Android cepat panas yang ketiga adalah dengan cara mengurangi penggunaan terlalu lama. Panas pada ponsel Android Anda dapat diakibatkan penggunaan yang terlalu lama. Proses penggunaan terlalu lama misal untuk game akan memaksa hardware ponsel Anda akan bekerja lebih keras. Hal tersebut memicu meningkatnya suhu panas, agar terhindar dari panas berlebihan sebaiknya perhatikan waktu saat penggunaan.

  • Perhatikan Lingkungan Sekitar

Penyebab cepat panas pada Android juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan sekitar. Misal saja Anda menggunakan di bawah terik matahari, atau menggunakannya di atas kasur. Kedua hal tersebut dapat memicu panas yang berlebihan. Untuk penggunaan di atas kasur ketika ponsel diletakkan suhu dalam ponsel tak dapat bersirkulasi bebas, sehingga menyebabkan panas terperangkap di dalamnya. Untuk itu perhatikan penggunaan lingkungan sekitar.

  • Cek Kualitas Baterai

Yang terakhir adalah dengan mengecek kualitas baterai pada ponsel Android. Terdapat beberapa kabar bahwa ponsel meledak disebabkan oleh baterai yang mengalami panas berlebih. Untuk itu bagi ponsel Android Anda yang baterai dapat dilepas, sebaiknya mengecek dengan melihat kondisi fisik. Jika baterai melembung bisa berarti Anda perlu menggantinya untuk menghindari hal tak diinginkan.

Nah itulah tadi beberapa tips mengatasi Android cepat panas yang perlu Anda perhatikan. Baca juga artikel tentang Cara memaksimalkan Android saat mudik.