Tips Mengajarkan Anak Membaca agar Lebih Menyenangkan

By Categories : Pendidikan

Mengajari anak membaca merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Ini dikarenakan ketika anak sudah memasuki TK atau Taman Kanak-kanak maka dirinya harus memiliki kemampuan untuk membaca serta menulis. Sebagai orang tua sebaiknya jangan mengandalkan pelajaran di sekolahnya saja, melainkan juga turut membantu anak agar lebih bisa membaca dan menulis. Untuk mengajari anak membaca bukanlah sebuah hal yang mudah, diperlukan cara dan tips agar belajar terasa lebih menyenangkan. Apalagi di usianya tersebut anak-anak cenderung suka bermain dan beraktivitas aktif. Untuk itu pada pembahasan kali ini yaitu tips mengajarkan anak membaca agar terasa lebih menyenangkan, langsung saja silahkan ikuti pembahasanya di bawah ini!

Tips Mengajarkan Anak Membaca agar Lebih Menyenangkan

Berikut Tips Mengajarkan Anak Membaca

Mengajari Membaca Sambil Bernyanyi

Tips pertama mengajari anak membaca adalah menggunakan metode membaca sambil bernyanyi. Cara ini termasuk cara paling mudah yang bisa diajarkan orang tua oleh sang anak. Orang tua cukup mengajari anak membaca mulai dari huruf alphabet A sampai dengan Z dengan cara dinyanyikan. Dengan metode ini anak akan lebih senang dan mengurangi resiko bosan.

Mengajari Membaca dengan Media Elektronik

Tips kedua adalah dengan menggunakan metode media elektronik. Di internet banyak sekali video tentang cara belajar untuk anak mulai dari angka sampai dengan alphabet. Selain itu biasanya belajar membaca disertai dengan permainan dengan gambar yang dapat menarik perhatian dan minat dari sang anak. Melalui metode ini sang anak akan lebih senang dan tidak terasa monoton.

Mengajari dengan Metode Sambil Bercerita

Tips mengajarkan anak membaca berikutnya adalah dengan menggunakan metode sambil bercerita. Metode ini lebih menggunakan bantuan buku cerita yang mengharuskan orang tua mengajarkan membaca dengan bercerita. Buat anak tertarik terlebih dahulu terhadap cerita tersebut, biasanya cerita yang lebih cocok untuk anak adalah kisah tentang kehidupan kancil. Dengan begitu anak akan lebih senang untuk membaca sekaligus belajar untuk membaca. Karakter hewan menjadi salah satu pendukung untuk metode ini.

Mengajari Membaca Anak Setiap Hari

Untuk yang satu ini perlu dikombinasikan dengan cara-cara di atas agar sang anak tidak terlalu bosan. Belajar membaca setiap hari akan membantu anak lebih lancar dalam proses membaca. Namun perlu diketahui meskipun setiap hari, sebaiknya proses belajar dilakukan jangan terlalu lama agar sang anak tidak bosan. Waktu yang dapat diberikan antara kisaran 15 sampai 20 menit. Berilah waktu untuk mereka dapat bermain agar dirinya tidak merasa monoton karena belajar.

Memahami Mood sang Anak

Yang kelima adalah dengan memahami mood sang anak. Mood sang anak juga turut mendukung dalam proses belajar berlangsung. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu memaksakan kehendak untuk belajar ketika mood sang anak sedang kurang bagus. Ketika mood anak sang anak kurang bagus, sebaiknya alihkan terlebih dahulu agar sang anak memiliki mood terasa menyenangkan.

Demikianlah ulasan mengenai tips mengajarkan anak membaca agar lebih menyenangkan yang dapat Anda ketahui.

Baca juga artikel lainnya Tips memilih kursus sesuai karakter anak.

terms: cara mengajar anak tk agar tidak bosan, cara mengajar anak paud agar tidak bosan