Tips Mendaki Gunung Rinjani untuk Pemula

By Categories : Tips

Bagi orang yang suka mendaki tentu saja sudah mengetahui tentang keindahan dari gunung Rinjani. Gunung Rinjani sendiri merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian yaitu 3.726 meter di atas permukaan laut. gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat Lombok ini sering menjadi tujuan utama para pendaki lokal dan bahkan internasional. Hal ini dikarenakan Gunung Rinjani memiliki keindahan alam yang berbeda jika dibandingkan dengan gunung lainnya. Nah bagi Anda yang tertarik melakukan pendakian di Gunung Rinjani, berikut adalah beberapa tips mendaki Gunung Rinjani untuk pemula yang perlu diperhatikan.

rinjaniInilah tips mendaki Gunung Rinjani yang wajib diketahui

Tentukan waktu terbaik mendaki

Saat akan mendaki gunung tentu saja Anda harus mencari waktu terbaik untuk melakukan hal ini. waktu terbaik untuk mendaki Gunung Rinjani adalah anara bulan Maret  hingga awal Agustus. Hindari mendaki Gunung Rinjani pada  saat musim libut panjang,seperti tahun baru, Natal, 17 Agustus dan lainnya. Hal ini dikarenakan pada saat hari libur tempat wisata di Lombok yang satu ini akan dipadati oleh para wisatawan.

Tentukan berapa hari untuk mendaki

Mengingat betapa tingginya Gunung Rinjani, tentu saja gunung yang satu ini tidak bisa didaki hanya dalam waktu satu hari saja. Untuk mendaki Gunung Rinjani setidaknya diperlukan setidaknya 5 hari. Namun berapa hari dapat mendaki gunung ini pun tergantung dengan team yang ikut serta. Semakin banyak pendaki yang ikut biasanya akan semakin lambat. Karena kondisi fisik seseorang tentu saja berbeda-beda.

Tentukan apa saja yang harus di bawa

Tips mendaki Gunung Rinjani selanjutnya adalah menentukan perlengkapan naik gunung apa saja yang harus dibawa. Salah satu peralatan wajib yang dibawa sat mendaki gunung adalah trekking pole dan gaiter. Kedua alat tersebut sangat berguna saat summit. Seperti yang Anda ketahui di Gunung Rinjani sangat terkenal dengan Segara Anak. Di sana Anda bisa mandi air hangat memancing dan lainnya. untuk mengabadikan moment terbaik tersebut, bawalah kamera waterproof saat di air panas tersebut.

Tentukan jalur pendakian

Berikutnya adalah menentukan jalur pendakian. Menentukan jalur pendakian adalah hal yang sangat penting. Jalur pendakian Gunung Rinjani ada dua yaitujalur Senaru dan Sembalun. Diantara kedua jalur tersebut jalur terbaik yang dapat dipilih adalah jalur Sembalun, meskipun sangat terik dan panas akan tetapi jalur ini lebih cepat menuju ke puncak Rinjani. Jalur sembalun sendiri biasanya digunakan untuk pendaki lokal sedangkan Senaru biasa dipakai pendaki import ataupun luar daerah.

Persiapan yang perlu diperhatikan

Bawalah jaket gunung anti angin, karena udara di Gunung Rinjani sangatlah dingin. Selain itu sebelum mendaki pastikan cukup istirahat dan energi. Karena jika kurang istirahat dapat membuat badan drop dan capek yang hebat. Tak hanya itu saja, saat mendaki gunung akan lebih ringan bila anggota team saling mensupport dan menyemangati.

Selain hal-hal tersebut Anda juga mengetahui jalur atau rute perjalanan ke Gunung Rinjani. Hal ini penting karena jalur pendakian yang biasa dilalui para pendaki biasanya jauh lebih aman dan lebih mudah. Untuk menuju ke Gunung Rinjani terdapat beberapa jalur yang bisa Anda pilih.

Jalur pendakian Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut memiliki jalur pendakian resmi dan utama yang digunakan para pendaki. Berikut di antaranya.

Jalur Senaru

Jalur yang pertama ini paling ramai karena selain digunakan sebagai jalur pendakian, jalur Senaru juga kerap digunakan masyarakat sekitar untuk melakukan ritual adat keagamaan di puncak Rinjani atau di Danau Segara Anak. Rute pendakian ini meliputi Senaru, Pelawangan Senaru, Danau Segara Anak. Untuk sampai ke tempat ini Anda membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam. Kemudian dari Danau Segara Anak menuju ke puncak Rinjani membutuhkan waktu 9 jam dengan melewati Pelawangan Sembalun.

Jalur Sembalun

Jalur yang kedua ini cocok bagi Anda yang menikmati pemandangan indah. Dalam perjalanan Anda akan menikmati padang savana serta punggung gunung yang berliku dengan jurang di kanan kiri Anda. Rute yang dilalui dari jalur Sembalun adalah gerbang Semalun Lawang, Pelawangan Semabalun, puncak Rinjani dan dapat ditempuh dengan waktu 10 jam. Jalur Sembalun tidak terlalu curam namun cukup panas terutama saat melewati padang savana.

Jalur Torean

Jalur Torean ini menyajikan flora dan fauna yang menemani Anda sepanjang perjalanan. Rute yang dilalui adalah Desa Torean menuju kali Tiu. Ini merupakan Pos I pendakian Gunung Rinjani. Treking yang dilewati memiliki kemiringan 20-45 derajat. Jarak dari Desa Torean menuju batas akhir Pos I adalah sekitar 5 km. Jalur cukup favorit karena diapit 2 gunung serta dapat menikmati aliran sungau Putih.

Demikianlah ulasan mengenai tips mendaki Gunung Rinjani untuk pemula.

loading...
terms: tips mendaki gunung rinjani, ketinggian rinjani bErapa mEter, tips nendaki gunung rinjani