Tips Mencegah Kanker Payudara

By Categories : Tips

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi setiap orang khususnya para wanita. Hal ini dikarenakan pertumbuhan sel kanker sangatlah cepat dibandingkan pertumbuhan sel biasa atau biasa disebut pertumbuhan sel yang ab normal. Pertumbuhan sel yang cepat inilah yang menumpuk menjadi sebuah benjolan pada payudara wanita.

Ada beberapa penyebab terjadinya kanker payudara salah satunya yaitu faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor hormonal dan juga faktor genetik. Pada dasarnya pengobatan kanker payudara sama seperti penyakit kanker yang lain yaitu dapat dilakukan secara medis (kemoterapi dan juga operasi) atau pengobatan secara alami. Lantas, bagaimana cara mencegah kanker payudara itu sendiri? Simak ulasannya berikut ini!

Mencegah Kanker Payudara

Cara mencegah kanker payudara

Mengonsumsi makanan sehat

Tips yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Mulailah untuk mengonsumsi buah dan juga sayur yang kaya akan vitamin, serat dan juga kaya akan antioksidan. Ini karena antioksidan sudah terbukti secara efektif untuk menangkal sel kanker. Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan seperti, jeruk, brokoli, manggis, apel serta buah dan sayur lainnya.

Mengonsumsi ikan

Tips yang kedua adalah dengan cara mengonsumsi ikan secara teratur. Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat berperan untuk melawan dan melindungi tubuh dari sel kanker. Sebaiknya, komsumsilah ikan paling tidak 2 kali dalam seminggu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Selain ikan, Anda juga dapat minum suplemen yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 seperti minyak ikan.

Stop merokok!

Saat ini, tidak hanya para pria saja yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok. Para wanita pun sama. Namun, Anda harus menghentikan kebiasaan buruk ini agar terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya kanker. Tak hanya payudara saja yang dapat terserang kanker. Perokok aktif memiliki tingkat resiko yang tinggi terkena kanker yang lain seperti kanker paru-paru, kanker mulut dan juga tenggorokan. Selain kanker, wanita yang aktif merokok juga dapat menyebabkan gangguan janin  hingga kemandulan.

Berolahraga teratur

Seperti yang saya katakan tadi salah satu penyebab kanker payudara adalah faktor hormonal.  Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan produksi hormon esterogen meningkat. Sehingga hal ini akan memicu terjadinya kanker payudara. Untuk mengatasi hal ini, mulailah untuk melakukan olahraga secara teratur. Baik olahraga ringan hingga olahraga berat (fisik). Jika Anda tidak memiliki waktu luang Anda bisa hanya melakukan peregangan otot agar kalori dalam tubuh bisa terbakar.

Selain melakukan tips mencegah kanker payudara di atas, Anda juga harus mengonsumsi air putih secara rutin. Karena dengan minum air putih ini akan membantu tubuh untuk melakukan proses metabolisme dengan lancar dan juga dapat mengeluarkan zat dan racun dalam tubuh. Tak hanya itu, Anda juga harus melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) secara rutin.

Loading...