Tips Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Lebih Besar

By Categories : Tips

Tips Menata rumah kecil agar terlihat lebih besar seringkali ditanyakan oleh kebanyakan orang. Mahalnya rumah dan pertanahan yang ada membuat sebagian banyak orang membeli rumah dengan ukuran minimalis. Penaatan yang tidak tepat tentu saja dapat membuat rumah menjadi semakin sempit dan sumpek. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat diperhatikan. Untuk lebih jelasnya simak saja ulasan berikut ini.

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Banyak orang yang berpendapat bahwa rumahku istanaku, maka jangan heran jika mereka akan mengubah rumah layaknya istana yang indah dan nyaman. Rumah luas dan lebar merupakan idaman bagi setiap orang. Sebab ukuran rumah juga dapat membuat rumah terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Namun bagaimana jadinya jika Anda tinggal di rumah ataupun apartemen yang berukuran mungil dan kecil? Jika ditempati sendirian mungkin ukuran tidak menjadi masalah, lantas bagaimana jika sudah berkeluarga? Ukuran dan kenyamanan adalah hal paling utama yang harus diutamakan. Terlepas dari ukurannya yang kecil, Anda masih bisa membuat hunian Anda terasa luas dan nyaman.

Mau tahu bagaimana menata rumah mungil agar terlihat lebih besar dan tidak sempit? Berikut ulasannya.Tips Menata rumah kecil agar terlihat lebih besar

Tips yang Tepat dalam Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Besar

Pilih Furniture yang Besar

Yang pertama adalah memilih furniture yang serba besar. Menggunakan furniture kecil dan mungil memang akan menghemat ruang. Namun perlu diketahui, jika Anda memiliki rumah kecil menggunakan perabotan yang besar justru sangat disarankan.

Baca juga tips memilih dekorasi rumah minimalis

Tak hanya memberi kesan luas pada hunian saja, furniture yang besar dapat menghadirkan ilusi ruang lapang. Namun meskipun diharuskan, sebaiknya Anda membatasi perabotan agar tidak membuat ruangan terasa sesak dan sempit. Gunakanlah furniture yang benar-benar penting dan bermanfaat.

Manfaatkan Pemandangan Virtual

Anda juga bisa memanfaatkan pemandangan virtual untuk menciptakan ilusi rumah yang lebar dan luas. Gary McBournie, Desainer interior menyarankan untuk memajang sebuah bingkai cermin besar di ruang TV, sama seperti yang ia lakukan. Cermin yang Anda gunakan tersebut dapat menjadi virtual.

Hindari Penataan yang Saling Berdempet

Berikutnya adalah dengan menghindari penataan yang saling berdempetan. Seperti yang kita ketahui biasanya orang-orang akan cenderung meletakkan perabotannya dengan posisi menempel pada tembok agar space yang termakan tidak terlalu banyak. Namun perlu diketahui memberikan jarak dan penataan  yang tidak saling berdempet justru dapat menciptakan kesan ruang yang lebih luas.

Gunakan Motif Garis pada Dinding

Menerapkan motif garis baik vertikal, horizontal ataupun menyerong pada dinding juga dapat membantu Anda agar rumah tampak lebih besar. Selain itu, motif ini juga akan menciptakan ilusi panjang pada sudut ruang dan langit-langit. Menurut desainer interior Angela Free, garis-garis yang Anda terapkan dapat membuat rumah menjadi lebih cantik dan elegan namun tidak berlebihan.

Pasang Tirai yang Tinggi

Tips menata rumah kecil agar terlihat lebih besar selanjutnya adalah dengan memasang tirai setinggi mungkin. Tirai yang menjuntai dari langit-langit rumah dan jatuh menyentuh lantai akan membuat jendela serta ruangan terasa lebih tinggi. Nah bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Bermain Warna

Dalam dunia desain interior, warna juga dibutuhkan agar lebih indah dan berwarna. Umumnya warna putih sering digunakan untuk membuat ruangan kecil agar terlihat besar. Namun ternyata, tak hanya warna putih saja yang memiliki efek ini, umumnya ada beberapa warna yang dapat memberikan ilusi yang sama. Apa saja warna tersebut? Berikut ulasannya.

  • Kuning

Yang pertama adalah kuning, warna kuning umumnya sangat jarang digunakan orang sebagai warna rumahnya. Selain terkesan silau, warna ini juga kurang menarik. Namun warna ini dapat membuat rumah tampak luas. Jika dirasa warna kuning kurang menarik, Anda bisa mendekorasi ruangan dengan warna kuning pucar dengan sedikit sentuhan warna hijau.

Sentuhan warna tersebut dapat jika terkena cahaya akan membuat ruangan lebih cerah dan terlihat luas. Jika Anda memilih cat dinding warna kuning pucat, tak ada salahnya melengkapi dekorasi rumah dengan furniture bewarna gelap, hijau lemon, merah ataupun cokelat tua.

  • Biru

Yang kedua adalah warna biru. Menerapkan paduan gradasi warna biru pada seluruh ruangan mulai dari cat dinding, gorden, karpet dan juga sofa juga dapat memberikan ilusi luas pada rumah minimalis yang Anda miliki.

  • Aubergine

Aubergine atau ungu gelap kecoklatan juga cocok diterapkan untuk memberikan kesan luas pada ruangan mungil. Warna ini sangat cocok diterapkan pada ruang keluarga, dimana biasanya ruang keluarga terdapat jendela besar yang memberikan cahata maksimal. Untuk paduannya, Anda bisa memadukannya dengan warna abu-abu dan metalik.

Baca juga isnpirasi desain rumah minimalis sederhana cantik dan elegan

Nah itulah beberapa tips menata rumah kecil agar terlihat lebih besar dan luas.

loading...