Tips Menambah Nafsu Makan untuk Menaikkan Berat Badan

By Categories : Tips

Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Namun tidak juga seseorang yang memiliki tubuh gemuk, seseorang yang memiliki tubuh kurus juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Selama ini pastinya setiap orang selalu memikirkan bagaimana cara menurunkan berat badan dan bagaimana cara mengontrol nafsu makan yang berlebih.

Tips Menambah Nafsu Makan

Namun untuk seseorang yang memiliki berat badan kurang dari normal tentu saja selalu memikirkan bagaimana cara dan tips menambah nafsu makan. Apa saja yang seharusnya diterapkan? Perlu Anda ketahui jika nafsu makan yang kurang merupakan salah satu gejala adanya masalah di dalam tubuh. Beberapa penyebab seseorang tidak nafsu makan antara lain stres, depresi, gelisah, putus cinta dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Inilah tips menambah nafsu makan secara alami

Menghindari stres

Tips yang pertama adalah menghindari stres. Mengingat stres merupakan salah satu penyebab seseorang tidak nafsu makan oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari hal ini. Stres dan rasa gelisah yang Anda alami dapat membuat seseorang merasa tidak lapar. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengusir stres adalah dengan cara berlibur, pijat terapi dan melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Makan sedikit tapi sering

Yang kedua adalah dengan menerapkan cara makan sedikit tapi sering. Untuk menambah nafsu makan lebih baik Anda bisa membagi jam makan Anda menjadi 4 hingga 5  kali dalam sehari dengan porsi makan yang sedikit. Mengonsumsi makanan yang sedikit-sedikit lebih memudahkan pencernaan untuk mencerna makanan tersebut. Dan pastikan mengonsumsi makanan yang bervariasi, mulai dari karbohidrat, sayuran, buah-buahan dan juga lauk-pauk.

Mengonsumsi makanan yang meningkatkan mood

Tips menambah nafsu makan yang selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan mood. Meskipun makanan yang dapat meningkatkan tidak semuanya sehat akan tetapi makanan ini dapat mengatasi nafsu makan yang benar-benar susah. Meskipun makanan favorit, sebaiknya pilihlah makanan yang sederhana dan mudah dicerna.

Mengonsumsi peppermint

Berikutnya adalah dengan mengonsumsi peppermint. Tahukah Anda meskipun menghirup aroma peppermint dapat mengurangi nafsu makan namun memakannya justru dapat meningkatkan selera makan. Peppermint yang Anda konsumsi dapat membuat langit-langit dan tekak di dalam mulut lebih segar dan fresh. Sehingga memakan peppermint sebelum makan dapat membuat selera makan menjadi meningkat.

Berolahraga

Selain menyehatkan olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan. Beberapa olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan adalah jogging, jalan cepat, bersepeda dan olahraga lainnya sebelum makan. Energi  yang terkuras saat berolahraga akan membuat perut Anda merasa lapar. Dan pastinya hal ini dapat membuat nafsu makan meningkat.

Demikianlah ulasan mengenai tips menambah nafsu makan terutama bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah menu makan Anda sehari-hari. Jika Anda sudah memiliki nafsu makan namun berat badan Anda tidak kunjung naik maka Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Terdapat berbagai macam makanan untuk menambah berat badan Anda. Makanan terbaik tersebut harus sehat dan Anda juga perlu memperhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Makanan untuk menambah berat badan alami

Daging merah

Bagi Anda yang ingin menambah berat badan, Anda harus rutin mengonsumsi daging merah. Seperti halnya steak yang memiliki banyak protein dan zat besi. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi sosis sapi, iga, soto daging, dan sebagainya.

Susu sapi murni

Cara yang kedua adalah Anda dapat mengonsumsi susu sapi murni. Ini sangat baik untuk menambah berat badan Anda. Selain itu, susu sapi murni juga memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A dan vitamin D. Jika bosan Anda dapat mengolahnya atau mencampurnya dengan sereal, oatmeal, dan lainnya. Waktu paling baik meminum susu sapi murni adalah pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Selai kacang

Selain kacang juga sering digunakan sebagai tips untuk menambah nafsu makan serta dapat meningkatkan berat badan. Dalam satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori serta 4 gram protein. Selain itu, selai kacang juga banyak mengandung folat, vitamin E, vitamn B3, dan magnesium. Untuk mengonsumsinya Anda dapat menyajikannya dengan oatmeal dan roti. Dalam memilih selai kacang, Anda disarankan untuk memilih produk yang alami yang tidak mengandung tinggi gula dan bahan tambahan.

Buah-buahan tropis

Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan segar untuk menambah berat badan. Sangat beruntung Anda hidup di daerah tropis karena ada berbagai macam buah segar yang baik untuk menaikkan berat badan Anda. Beberapa buah buahan tersebut adalah pisang, pepaya, mangga, nanas, dan lainnya. Buah-buahan tropis memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jika Anda mengonsumsinya setiap hari maka mampu memberikan asupan energi harian dalam tubuh.

loading...