Tips Menambah Berat Badan

By Categories : Kesehatan

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan salah satu idaman bagi kebanyakan orang. Tetapi kenyataannya banyak diantara kita yang mengalami permasalahan yaitu dengan berat badan berlebih dan juga kurang berat badan atau kurus. Untuk permasalahan terlalu kurus juga menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan, karena biasanya mereka kurang mengetahui makanan apa saja untuk menambah berat badan.

Menambah berat badan bagi Anda yang memiliki badan kurus harus dimulai dengan mencukupui asupan kalori dalam jumlah yang lebih. Terdapat berbagai aneka makanan yang dapat menambah berat badan. Nah bagi Anda yang menginginkan berat badan bertambah untuk menghindari tubuh kurus, simak ulasan dibawah ini!

Tips Menambah Berat Badan

Tips Menambah Berat Badan

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips pertama yang dapat Anda lakukan dalam menambah berat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat tersebut harus mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Berbagai makanan tersebut diantaranya seperti buah, sayuran, nasi merah, dan juga roti atau sereal. Bagi makanan yang berbahan dari gandum, makanan ini merupakan salah satu jenis makanan kaya akan serat dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Mencukupi Kebutuhan Protein

Tips yang berikutnya dalam menambah berat badan adalah dengan mencukupi kebutuhan protein pada tubuh. Sumber protein yang sehat dapat berasal dari ikan, kacang-kacangan, atau juga daging ayam. Seperti halnya dengan karbohidrat, protein harus mencukupi kebutuhan tubuh agar berat badan Anda dapat bertambah.

Mencukupi Kebutuhan Lemak

Sumber lemak yang baik untuk tubuh adalah asam lemak tak jenuh ganda yaitu omega-3 dan juga omega-6. Dengan mencukupi kebutuhan lemak maka berat badan dapat bertambah. Sumber lemak omega-3 dapat berasal dari ikan, kacang kenari. Nah sedangkan untuk omega-6 dapat berasal dari minyak sayur yaitu seperti minyak kelapa, jagung, atau juga minyak biji matahari.

Mencukupi Vitamin

Dengan mencukupi vitamin juga dapat membantu Anda dalam menambah berat badan. Mungkin sudah banyak orang mengetahui bahwa sumber vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan, atau juga sayur-sayuran. Oleh karena itu mencukupi vitamin selain dapat menyehatkan tubuh, juga mampu membantu dalam menambah berat badan pada tubuh.

Menghindari Kafein

Anda harus berpikir kedua kalinya ketika mengonsumsi kafein ketika sedang menjalankan program menambah berat badan. Seperti yang kita ketahui bahwa kafein sangat cocok digunakan untuk program diet ( Baca Juga Makanan Sehat untuk Diet). Hal ini dikarenakan kafein yang terkandung dalam kopi bertujuan sebagai penahan nafsu makan. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan program diet menggunakan kopi sebagai pembantu program tersebut.

Minum Susu

Banyak orang malu ketika sudah beranjak dewasa dengan minum susu. Namun sebenarnya hal tersebut justru keliru, minum susu tidak pandang umur mengingat susu dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Hal ini dapat membantu bagi Anda yang sedang menjalankan program penambah berat badan. Disarankan untuk minum susu 2 kali sehari, apalagi susu termasuk kedalam kelompok 4 sehat 5 sempurna.

Nah itulah tadi beberapa tips menambah berat badan, masih banyak tips lainnya yang dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut salah satunya jangan lupa untuk tetap berolahraga. Baca juga artikel Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami