Tips Memotret dengan Kamera Handphone

By Categories : Teknologi

Handphone merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Dengan menggunakan alat elektronik ini seseorang dapat mudah menghubungi orang lain yang berada di lokasi yang sangat jauh sekalipun. Namun tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komunkasi saja, melainkan digunakan juga untuk kebutuhan berbagai hal termasuk untuk menonton film maupun bermain game.

Lalu bagaimana untuk kebutuhan fotografi? Meskipun kalah kualitas dengan menggunakan kamera DSLR, tetapi beberapa handphone didukung dengan fitur serta spesifikasi canggih untuk menghasilkan gambar denga resolusi tinggi. Namun perlu diketahui bahwa pengambilan gambar atau memotret dengan menggunakan handphone perlu memiliki tips khusus. Penasaran apa saja tips tersebut? langsung saja ketahui dengan membaca ulasannya di bawah ini!

Tips Memotret dengan Kamera Handphone

Berikut Tips Memotret dengan Menggunakan Kamera Handphone

Hindari Penggunaan Zoom Terlalu Banyak

Tips memotret dengan menggunakan kamera handphone yang pertama adalah hindari penggunaan zoom terlalu banyak. Penggunaan zoom terlalu banyak justru dapat membuat gambar menjadi mudah pecah dan tentunya akan mengurangi kualitas. Dengan hal tersebut pastinya akan mengurangi ketajaman dari hasil kamera handphone. Untuk itu usahakan untuk mengambil jarak yang cukup, sehingga akan mengurangi resiko penggunaan zoom terlalu banyak.

Memegang Handphone dengan Posisi Stabil

Tips kedua adalah dengan memegang hanphone pada posisi stabil mungkin. Semakin stabil posisi handphone saat akan menangkap hasil objek, maka semakin bagus hasil yang didapatkan. Untuk menghasilkan foto dengan hasil yang bagus maka membutuhkan spesifikasi yang cukup bagus pula pada handphone tersebut.

Mendapatkan Cahaya yang Cukup

Tips yang ketiga adalah usahakan untuk mendapatkan penerangan yang cukup. Dalam mengambil gambar melalui handphone, kebutuhan akan cahaya sangat diperlukan. Pasalnya kemampuan pada handphone tidak sebanding dengan kemampuan pada kamera DSLR. Walaupun terpaksa mengambil gambar pada kondisi tempat yang minim akan cahaya, LED Flash akan lebih membantu dibandingkan tidak menggunakan sama sekali.

Gunakan Lensa Tambahan

Yang keempat dalam tips memotret dengan kamera handphone adalah gunakan lensa tambahan jika diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Saat ini terdapat banyak varian lensa tambahan yang bisa digunakan pada handphone. Adapun lensa-lensa tersebut di antaranya seperti lensa fish eye, wide, macro, lensa zoom, dan banyak lagi. Setiap jenis lensa memiliki kemampuan yang berbeda-beda satu sama lain.

Memilih Resolusi Paling Tinggi pada Smartphone

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka Anda memerlukan resolusi paling tinggi yang terdapat pada handphone tersebut. Cara ini paling mudah untuk dilakukan ketika akan memotret dengan menggunakan ponsel. Biasanya pada setiap ponsel memiliki berbagai resolusi yang dapat dipilih. Resolusi paling besar sangat disarankan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Nah itulah pembahasan mengenai tips memotret dengan menggunakan kamera handphone yang dapat Anda ketahui. Jangan lupa untuk mengambil sudut pandang yang unik, agar mendapatkan hasil yang unik pula.

Loading...