Tips Memilih Musik untuk Acara Pernikahan

By Categories : Tips

Pernikahan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap para pasangan. Maka jangan heran jika sebuah pernikahan akan dilakukan secara mewah. Hal ini karena pernikahan adalah momen yang paling tak terlupakan. Saat pesta pernikahan, kemeriahan rasanya tak lengkap jika tidak diiringi oleh alunan musik yang manis. Musik yang digunakan dalam acara pernikahan bertujuan untuk membuat suasana menjadi semakin romantis dan hangat.

Tips Memilih Musik untuk Acara Pernikahan1

Meskipun sering dianggap sepele, tak sedikit para pasangan yang kebingungan dalam mencari musik untuk acara sakral mereka. Namun Anda jangan khawatir, kali ini akan dibahas beberapa tips memilih musik untuk acara pernikahan. Simak ulasannya berikut ini!

Tips Memilih Musik yang Perlu Diperhatikan

Sesuaikan Dengan Tema Pesta

Tips yang pertama adalah menyesuaikan dengan tema pesta. Jika Anda memilih tema pernikahan klasik maka Anda dapat memilih lagu yang biasa dimainkan seperti lagu “Canon in D” atau “Here Comes The Bride”.  Sedangkan untuk tradisional seperti kebanyakan adat pernikahan Jawa Tengah, Anda dapat memilih musik gending jawa. Namun jika Anda memilih tema pesta yang lebih modern, Anda dapat memilih lagu-lagu bernuansa kontemporer seperti lagu yang dimiliki oleh Norah Jones.

Sesuaikan Dengan Lokasi Acara

Tips memilih musik untuk acara pernikahan yang kedua adalah menyesuaikan dengan lokasi acara. Jika pesta pernikahan Anda diselenggarakan di luar ruangan gunakanlah musik instrumental saja. Karena jika Anda memillih musik dengan vokal, makna dari musik tersebut akan sulit ditangkap oleh para audience. Sedangkan jika Anda menyelenggarakan pesta di dalam ruangan, musik instrumental ataupun musik dengan vokal sangat cocok mengiringi pesta pernikahan Anda.

Susun Alur Musik Sesuai Acara

Tips selanjutnyaa dalam memilih musik untuk acara pernikahan adalah menyusun alur musik sesuai acara. Saat pernikahan tentunya ada acara-acara pernikahan seperti akad nikah, koktail time, dansa, resepsi, dan juga penutup acara. Pastikan Anda memilih lagu-lagu yang sesuai dengan acara tersebut. Untuk akad nikah pilihlah lagu atau musik instrumental yang bernuasa lembut sesuai lokasi acara Anda.

Minta Bantuan dari Keluarga dan Teman

Bersyukurlah jika Anda memiliki keluarga atau teman yang berbakat dalam bidang musik. Karena Anda dapat meminta bantuan dari mereka. Jika Anda memiliki teman yang hobi menyanyi, Anda dapat meminta teman Anda untuk menampilkan kemampuan bernyanyinya. Selain lebih berkesan bagi para tamu undangan, meminta sabahat tampil di pesta pernikahan sendiri merupakan hadiah yang tak akan terlupakan.

Sesuaikan Lirik Lagu

Sebelum memilih lagu pernikahan, sebaiknya Anda melihat lirik lagu dari daftar lagu pernikahan Anda. Hal ini bertujuan agar lirik yang ada pada lagu tersebut memiliki makna yang romantis dan indah untuk pernikahan Anda. Jangan sampai Anda memilih lagu yang terdengar menyentuh namun berhubungan dengan lirik yang menyedihkan.

Demikianlah ulasan tentang tips memilih musik untuk acara pernikahan. Baca juga artikel terkait mengenai Tips menyusun rincian biaya pernikahan.