Tips Memilih Menu Sahur yang Sehat

By Categories : Umum

Sahur adalah salah satu hal yang dilakukan para umat muslim sebelum waktu subuh tiba sebagai salah satu sunnah dalam menjalankan ibadah puasa. Seperti yang Anda ketahui salah satu masalah yang sering dialami umat muslim dalam bersahur adalah waktu sahur yang terbatas, kurangnya persiapan dalam menyajikan menu makanan dan rasa malas bangun pada dini hari. Padahal sahur sendiri merupakan sumber energi saat berpuasa.

Tips Memilih Menu Sahur yang Sehat

Saat memasak menu sahur, hal utama yang harus diperhatikan adalah nilai gizi dan energi yang cukup saat menjalani ibadah puasa. Sehingga Anda harus memasak menu yang memiliki nutrisi tinggi serta dengan cara memasak yang praktis. Untuk lebih jelasnya berikut adalah tips memilih menu sahur yang bisa Anda coba.

Tips Memilih Menu Sahur yang Perlu Anda Ketahui

Menu Makanan Rendah Kalori

Menurut para ahli, jika kita memakan makanan yang banyak mengandung kalori maka selanjutnya kita harus mengisi perut dengan banyak kalori lagi. Berbeda jika kita makan makanan yang mengandung sedikit kalori terutama yang mengandung banyak air, maka perut kita akan merasa kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung air atau kuah memerlukan waktu yang lama saat dicerna. Secara psikologi dalam mengunyah makanan yang memiliki banyak kandungan air dapat memicu indera kita lebih puas dalam merasakan kenyang. Adapun makanan yang banyak mengandung air yang baik dikonsumsi saat sahur adalah sup berkaldu, sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan sayuran yang mengandung sedikit zat tepung.

Menu Makanan yang Berserat

Tips memilih menu sahur selanjutnya adalah pilih makanan yang berserat. Seperti yang kita ketahui, makanan berserat hanya mengandung 1,5-1,5 kalori per gram, sedangkan karbohidrat mengandung 4 kalori pre gram. Dengan memakan makanan yang mengandung serat tinggi maka dalam proses pencernaan memerlukan waktu yang lebih lama. Serat dalam makanan tersebut mampu mencegah level gula yang naik turun yang menyebabkan rasa lapar. Selain itu, makanan berserat juga merangsang hormon penyebab rasa kenyang di otak.

Menu Makanan Berprotein

Para peneliti menyebutkan jika makanan berprotein mampu memperpanjang rasa kenyang lebih dari karbohidrat dan lemak. Untuk itu saat memilih menu makan sahur Anda disarankan untuk menambah porsi protein. Adapun menu tersebut berasal dari makanan laut, susu rendah lemak, dan beberapa produk-produk kedelai.

Menu Kacang-kacangan

Seperti yang kita ketahui jika kacang-kacangan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Terlebih lagi jika dikonsumsi saat sahur, selain mengandung banyak gizi, kacang-kacangan juga mampu menjaga rasa kenyang karena mengandung banyak protein dan serat. Namun Anda juga harus mengontrol porsi cemilan kacang-kacangan, karena selain mengandung protein dan serat, kacang-kacangan juga mengandung kalori yang tinggi. Banyak pilihan yang bisa Anda coba seperti, kacang tanah, kacang almond, walnut, meta, dan jenis kacang lainnya. Kacang-kacangan juga baik  dijadikan sebagai cemilan rendah kalori yang baik untuk diet

Itulah beberapa tips memilih menu sahur yang bisa Anda coba dirumah. Baca juga artikel menarik mengenai Makanan yang perlu dihindari saat berpuasa.