Tips Memilih Lensa DSLR

By Categories : Teknologi

Terdapat banyak lensa yang saat ini tersebar di pasaran guna melengkapi sebuah bodi kamera DSLR. Lensa-lensa tersebut pada umumnya memiliki kelebihan masing-masing mengingat harga yang dibandrol juga bervariasi. Untuk memilih lensa kamera DSLR diperlukan pengetahuan serta tips memilih lensa DSLR. Hal ini agar lensa tersebut dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan penggunannya.

Tips Memilih Lensa DSLR

Harga lensa dari sebuah kamera DSLR mulai dari jutaan sampai dengan ratusan juta. Bagi Anda yang ingin mengoleksi dari sebuah lensa, tidak ada salahnya jika mengetahui beberapa tips di bawah ini untuk memilih lensa DSLR.

Berikut Tips Memilih lensa DSLR

Sesuaikan pemilihan lensa dengan kebutuhan penggunaan. Untuk lensa standart yang dapat dipilih pengguna biasanya adalah lensa Kit 18-55mm f/3.5-5.6. Lensa tersebut merupakan lensa paling standart yang bisa digunakan bagi pemula yang ingin terjun ke dunia fotografi. Lensa tersebut sudah cukup untuk pemula. Setelah mempelajari mengenai setting kamera dan lensa barulah upgrade lensa yang lebih tinggi.

Tentukan jenis lensa tersebut apakah Fix, Zoom, atau Wide Angle. Tips memilih lensa DSLR berikutnya adalah dengan memastikan apakah lensa tersebut berjenis fix, zoom, ataupun wide angle. Jenis-jenis lensa tersebut secara keseluruhan jelas memiliki fungsi yang berbeda dengan hasil gambar yang berbeda pula. Dengan kemampuan masing-masing jenis lensa tersebut membuat setiap gambar yang dihasilkan memiliki keunikan yang berbeda-beda.

Untuk lensa fix memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri seperti hasil gambar yang lebih tajam. Untuk lensa fix biasanya lebih sering digunakan untuk fotografi modeling, karena jenis atau tipe lensa ini tidak dapat digunakan untuk zoom. Sehingga membuat sang potografer perlu mendekati sang model untuk menciptakan hasil gambar yang tajam serta efek blur yang indah.

Untuk lensa zoom lebih fleksibel digunakan. Saat ini banyak lensa zoom dengan aperture dan focal length lensa yang bervariasi. Mulai dari 24-70mm f/2.8 sampai dengan 70-200mm f/2.8 yang merupakan lensa untuk telephoto. Lensa ini tentunya memiliki fleksibilitas untuk mengambil gambar dengan jarak yang jauh ataupun bisa dari jarak yang dekat. Aperture atau bukaan pada lensa yang cukup besar juga mampu menghasilkan efek blur yang indah pada bagian background.

Untuk lensa wide angle cocok digunakan untuk fotografi landscape atau pemandangan alam. Lensa jenis ini memiliki rentan gambar yang lebar dengan proses pengambilan sudut pandang yang lebih luas. Dengan kelebihannya tersebut lensa wide angle cocok untuk digunakan dalam mengambil objek tentang pemandangan alam. Selain itu lensa ini juga bisa digunakan untuk modeling outdoor dan juga memotret bangunan-bangunan kuno. Sebagai contoh untuk lensa Wide Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM, Nikon AF-S 10-24mm f/3.5-4.5 DX, dan merk lainnya.

Tips memilih lensa DLSR yang terakhir adalah sesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Untuk membeli segala sesuatu tentunya perlu memiliki dana dengan penyesuaian kebutuhan. Bagi Anda yang ingin memiliki lensa zoom sebaiknya perlu menabung, mengingat harga lensa zoom, wide angle maupun fix yang berkualitas dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips memilih lensa DSLR yang dapat Anda perhatikan. Baca juga artikel mengenai Tips merawat lensa kamera DSLR.