Tips Memilih Kursus Sesuai Karakter Anak

By Categories : Pendidikan

Sebagai orang tua pastinya tidak ingin si buah hati tidak memiliki bekal untuk masa depannya. Salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan anak adalah dengan cara menyekolahkannya. Namun tahukah Anda bersekolah mungkin tidak cukup untuk mengembangkan karakter si kecil. Dalam sekolah formal hanya berfokus dengan akademik saja. Maka dari itu tak hanya bersekolah saja, kegiatan-kegiatan non akademik juga sangat penting untuk membantu si kecil untuk membentuk karakternya.

Tips Memilih Kursus Sesuai Karakter Anak1

Kegiatan non akademik tersebut misalnya adalah mengunjungi tempat kursus yang disukai oleh anak Anda. Kursus merupakan salah satu alternatif untuk membentuk karakter anak, apalagi jika dimulai sejak balita. Psikologi anak balita tidak hanya dari keluarga, tetapi juga lingkungan. Namun jika Anda masih bingung, kali ini akan dijelaskan beberapa informasi tentang tips memilih kursus sesuai karakter anak. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini!

Berikut Tips Memilih Kursus Sesuai Karakter Anak

Egois

Tips memilih kursus yang pertama adalah untuk anak yang memiliki karakter egois. Ciri-ciri seseorang yang memiliki sifat egois adalah selalu mementingkan dan hanya peduli dengan diri sendiri. Biasanya, anak yang memiliki karakter ini lebih sering dijauhi oleh teman-temannya. Sehingga untuk anak yang egois sebaiknya mengikuti kursus yang lebih banyak melibatkan perasaan dan juga kegiatan yang melibatkan interaksi dengan banyak orang. Salah satu kursus yang cocok untuk anak seperti ini adalah olahraga beregu. Karena jenis kursus yang satu ini diharuskan untuk bekerja dalam satu tim dan bukan bekerja sencara individu.

Penakut

Tips memilih kursus sesuai karakter anak penakut adalah bela diri dan sejenisnya. Jika dilihat dari karakternya, si anak penakut memiliki ciri-ciri seperti mudah menangis, cemas, tidak berani menghadapi masalah, suka mengeluh dan kurang berusaha. Pada umumnya setiap anak bisa mendapatkan apa yang ia inginkan meskipun ia anak penakut. Namun salah satu kelemahan dari anak penakut adalah kurangnya berusaha sehingga ia mudah putus asa dan tidak melanjutkan tujuannya. Untuk itu anak penakut sangat cocok mengukuti kursus yang dapat mengingkatkan adrenalin serta memiliki resiko tinggi seperti, pecinta alam, silat atau bela diri, menyelam dan juga aktivitas yang dapat meningkatkan adrenalinnya.

Pemalu

Ciri-ciri seorang anak yang memiliki karakter pemalu adalah sulit berinteraksi, pasif dalam merespon, jarang berbicara dan juga susah menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan. Biasanya karakter anak pemalu lebih mudah untuk dikenali yaitu saat memasuki lingkungan baru ia kurang responsif dan pendiam. Untuk karakter anak yang satu ini sebaiknya pilihlah tempat kursus yang lebih banyak melibatkan sosialisasi dan interaksi. Seperti teater, hindari kursus yang sifatnya individual. Karena ini dapat membuat anak Anda semakin pemalu dan sulit bersosialisasi.

Percaya Diri

Jika anak Anda memiliki karakter percaya diri, Anda tidak usah bingung dan khawatir. Karena anak dengan karakter percaya diri akan memberitahu Anda kursus apa yang ia inginkan tanpa rasa malu.

Nah itulah beberapa tips memilih kursus sesuai karakter anak yang dapat Anda coba. Baca juga artikel terkait mengenai Tips mengatasi anak kecanduan gadget.