Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

By Categories : Pendidikan

Bagi Anda yang ingin meneruskan pendidikan di perguruan tinggi tentu harus memilih jurusan apa yang harus diambil. Sebelum memilih, biasanya kendala yang dihadapi adalah jurusan mana yang sesuai dengan bakat dan minatnya sendiri.

Banyak anak yang memilih jurusan karena mengikuti teman, dorongan orang tua, atau sekedar untuk bergaya. Padahal jika Anda memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakat atau minat Anda, akan mempengaruhi dalam proses belajar. Berikut dampak yang terjadi jika Anda salah memilih jurusan.

Tips Memilih jurusan Kuliah yang Tepat

Problem Psikologis

Melakukan sesuatu yang bukan minat kita adalah hal yang tidak menyenangkan. Apalagi jika ini bukan kemauan Anda, tetapi karena dorongan orang tua. Belajar yang dipaksakan akan susah dicerna oleh otak mempengaruhi emosi. Rasa jenuh, bosan, sedih dapat mengganggu efektivitas kerja otak dan mengurangi motivasi.

Problem akademis

Dampak yang terjadi berikutnya adalah prestasi yang tidak maksimal. Biasanya anak akan malas belajar, malas berangkat kuliah, dan tidak ada motivasi belajar.

Setelah kita mengetahui dampak dari salah memilih jurusan kuliah, sekarang tugas Anda adalah bagaimana memilih jurusan sesuai yang Anda minati.

Berikut tips memilih jurusan kuliah yang tepat

  • Mencari informasi yang detil

Sebelum Anda memilih, Anda harus mencari informasi yang luas tentang mata kuliah, universitas yang akan dipilih, ilmu yang didapat, biaya, kualitas pendidikannya, dan juga prospek kedepannya.

  • Jurusan harus sesuai minat Anda

Jika Anda meyukai sesuatu tentunya hal tersebut akan dilakukan dengan senang hati. Seperti halnya kuliah, jika Anda memilih jurusan yang tepat sesuai minat Anda, pasti motivasi belajar akan lebih besar. Hal ini akan mempengaruhi prestai Anda nantinya.

  • Melihat konsekuensi dari setiap pilihan

Anda harus menjaga komitmen dalam hal ini. Setiap pilihan pasti ada konsekuensi profesi, jangan sampai Anda menginginkan sebuah status tapi tidak mau menjalankan konsekuensinya. Misalnya jika Anda menjadi seorang guru, tetapi tidak bisa sabar menghadapi anak muridnya.

  • Pilih jurusan sesuai cita-cita

Setiap orang memiliki cita-cita. Keinginan yang kuat untuk meraih cita-cita tersebut salah satunya adalah dengan memilih jurusan yang tepat. Jika Anda ingin menjadi jaksa, maka jurusan hukum yang Anda pilih. Jangan sampai Anda bercita-cita menjadi seorang jaksa tetapi memilih jurusan kebidanan.

  • Mempunyai berbagai alternatif

Anda harus mempunyai alternative lain untuk menjaga jika Anda tidak masuk dalam alternative pertama. Hal ini bertujuan agar Anda tidak putus asa. Pemilihan alternative ini juga diupayakan yang sesuai dengan minat Anda.

Pendidikan adalah hal yang penting, namun jika Anda sampai memilih pendidikan yang tidak sesuai dengan keinginan Anda, maka justru akan menimbulkan masalah bagi Anda. Selagi masih belum mulai belajar, pilihlah jurusan yang tepat sesuai minat Anda agar tidak putus ditengah jalan.