Tips Memilih Joran Pancing Terbaik

By Categories : Tips

Joran merupakan salah satu peralatan yang penting untuk kegiatan memancing. Saat memilih joran juga tidak boleh asal karena kualitas joran juga akan menentukan hasil yang nanti akan Anda dapat. Hal yang sering terjadi akibat salah memilih joran adalah tidak nyaman dipakai, joran patah, dan tidak pas dengan teknik memancing yang digunakan. Sehingga perlu pengetahuan untuk memilih joran pancing terbaik sebelum Anda pergi memancing. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih joran, antara lain :

joran

  1. Berat joran

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah berat joran itu sendiri. Pilihannya adalah jika menggunakan joran berbahan fiberglass akan lebih kuat namun cukup berat. Sedangkan joran yang berbahan carvon akan lebih ringan namun akan mudah patah. Bagi Anda yang menggunakan teknik casting saat memancing disarankan untuk memilih joran berbahan carbon akan lebih ringan dan membuat Anda tidak mudah lelah.

  1. Handle / Grip

Tips memilih joran pancing terbaik adalah dengan memperhatikan handle. Ada tiga jenis handle atau grip, yaitu handle pendek, medium dan panjang. Joran yang memiiki handle pendek dapat Anda gunakn untuk single-hand casting, dan joran dengan handle panjang digunakan untuk double-hand casting. Sedangkan untuk jenis joran handle medium biasanya digunakan untuk single-hand casting namun joran tersebut jauh lebih panjang  yang bertujuan untuk membantu menahan beban joran, terutama saat fight dengan ikan.  Selain itu, biasanya pada handle terdapat dudukan untuk reel. Untuk penggunaan reel  sheet juga harus disesuaikan dengan joran apa yang Anda gunakan. baik Spinning reel ataupun bait reel.

  1. One piece rod / Joran casting

Joran pancing terbaik adalah joran yang hanya memiliki satu batang saja atau tidak ada sambungan. Namun untuk joran yang memiliki panjang lebih dari 1,8 meter cukup sulit jika menggunakan satu batang. Dengan begitu Anda dapat memilih joran dengan dua pieces untuk panjang joran 3 meter, atau memilih tiga pieces untuk joran yang panjangnya lebih dari 3 meter.

  1. Fast Tapper, Slow Tapper

Secara garis besar, joran memiliki dua tipe yaitu fast tapper dan slow tapper. Istilah tersebut menggambarkan kecepatan action saat merespon gerakan ketika menghentak joran pada waktu lure disambar ikan. Tipe joran ini cenderung keras pada bagian pangkal hingga tengah joran dan lentur di bagian ujungnya. Sedangkan tipe joran slow tapper akan lebih mudah dipakai dengan bahan yang lentur mulai dari ujung joran hingga deket grip atau handle. Dengan tipe joran ini Anda dapat melakukan casting lebih jauh dan untuk respon joran juga cukup cepat saat Anda gentak.

baca juga Umpan Ikan Gurame Paling Jitu

Selain joran, bagi yang memiliki hobi memancing Anda juga harus mengetahui teknik-teknik memancing agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam memancing ada banyak teknik yang dapat Anda gunakan, hal tersebut juga secara otomatis alat pancing dan cara memancing ikut berubah. Berikut teknik-teknik memancing yang perlu Anda ketahui.

Trolling

Teknik memancing ini diharuskan menggunakan reel khusus yang kuat dan joran pancing terbaik yang memiliki satu bagian. Joran tersebut kemudian ditarik dengan kapal berkecepatan 5-7 knot. Trolling tersebut biasanya menggunakan umpan buatan yang berbahan fiber glass, plastik atau kayu.

Casting

Teknik casting merupakan teknik memancing dengan cara melempar senar pancing keluar dengan menggunakan joran dan reel. Hal terpenting dalam teknik ini adalah memperhatikan joran dan reel yang digunakan. Teknik casting mengharuskan kita untuk terus menerus melempar dan menggulung senar hingga ikan berhasil ditangkap.

Popping

Pada umumnya teknik ini masuk dalam kelompok casting. Yang membedakan adalah teknik ini mengedepankan joran yang cukup panjang dengan ukuran 2-2,5 meter dan terdiri dari dua pieces berukuran besar. Semakin panjang joran yang digunakan maka akan menghasilkan lontaran umpan yang lebih jauh. Dan biasanya reel yang digunakan menggunakan ukuran yang besar seperti 600 hingga 10.000 ke atas. Kenur yang digunakan adalah  senar PE 5 hingga PE 8.

Surf Casting

Teknik ini digunakan di pantai menggunakan joran yang panjangnya antara 3,5 hingga 4,5 meter. Joran yang dipilih adalah joran pancing terbaik dengan 3 pieces. Dalam teknik ini reel yang digunakan juga harus besar, umumny menggunakan model spanning kelas 5000-8000 ke atas. Walaupun memiliki cara yang sama dengan teknik casting dengan melontarkan umpan sejauh-jauhnya, namun pada surf casting umpan yang dilontarkan justru dibiarkan mendarat. Sehingga dalam teknik ini dibutuhkan timah pemberat.

Jigging

Jigging merupakan teknik memancing yang sudah dilakukan oleh banyak nelayan di berbagai negara sejak ratusan tahun yang lalu. Teknik ini menggunakan umpan buatan yang terbuat dari timah berbentuk ikan kecil, kemudian diterjunkan ke dasar laut dan ditarik dengan cepat ke atas. Teknik ini sangat cocok dilakukan pada perairan yang terdiri dari terumbu karang dan pada kedalaman antara 50-100 meter.

terms: joran pancing terbaik